Cek Rest Area Ngawi, Gubernur Jatim Pastikan Mudik Berjalan Aman

Ngawi - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda melakukan pengecekan arus mudik Lebaran di Rest Area 575 A Ngale Ngawi, Jumat (29/4).

Rombongan gubernur Jatim disambut langsung Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono didampingi Forkpimda setempat.

Kapolres Ngawi I Wayan Winaya mengatakan bahwa bahwa pada H-3 Lebaran terjadi peningkatan kepadatan arus lalu lintas. Dari data yang dihimpun sejak H-8, kenaikan mencapai 189 persen arus lalu lintas yang masuk dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur.

"Terdata di hari Kamis pukul 08.00 hingga tadi pukul 08.00 ada 15.900 kendaraan melintas," jelasnya.

Terkait ketersediaan BBM di rest area 575 A, disampaikan Wayan, disuplai setiap jenis BBM sebanyak 40 ribu liter per hari.

"Hingga nanti tanggal 10 Mei 2022," imbuhnya.

Untuk memastikan mudik berjalan aman, nyaman dan selamat, Pemerintah Kabupaten Ngawi, bersama jajaran TNI/Polri menyiapkan 41 personel di setiap pos, yakni dari Polres (11 personel), Kodim (6 personel, Dinas Kesehatan (6 personel), Dinas Perhubungan (6 personel) Satpol PP (6 personel), Senkom (6 personel), ” terangnya.

Sementara itu, Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, untuk memastikan seluruh layanan masyarakat ketika perjalanan baik mudik ataupun balik saat Idul Fitri 1443 H berjalan aman, sehat, lancar dan selamat, untuk seluruh personel dioptimalkan termasuk adanya layanan vaksinasi di pos-pos.

"Sebab di hari raya ini intinya adalah silaturahmi, umumnya ke kerabat yang lebih tua, untuk memastikan aman sehat kita perlu menjaga diri salah satunya dengan vaksinasi," ujarnya.

Khofifah mengimbau untuk tetap waspada terhadap penularan COVID-19 meskipun saat ini sudah terkendali.

"Tidak boleh kita melonggarkan protokol kesehatan, semuanya harus berseiring dengan ikhtiar kita menjaga suasana yang aman, sehat, lancar dan selamat," pungkasnya.