Bupati Poso Pimpin Apel Perdana Pascalibur Lebaran

Poso - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar apel pagi perdana pascalibur cuti bersam Idul Fitri 1443 Hijriah / 2022 Masehi yang dipimpin langsung oleh Bupati Poso Verna G M Inkiriwang selaku inspektur upacara di Alun - Alun Sintuwu Maroso, Senin (9/5).

Dalam arahannya, Bupati Verna menyampaikan, setelah menikmati libur panjang Lebaran, aparatur sipil negara (ASN) harus kembali menjadi pelayan dan abdi masyarakat.

"ASN memiliki tiga fungsi utama yaitu melakukan pelayanan publik, pelaksana kebijakan pemerintah dan sebagai alat pemersatu bangsa. Dalam melaksanakan fungsinya ASN dituntut agar memberikan pelayanan yang prima," ujar bupati.

"Pandemi COVID-19 selama dua tahun ini berdampak juga pada menurunnya produktivitas, kreatifitas, disiplin dan semangat kerja ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Poso. Oleh sebab itu saya selaku pimpinan daerah menginstruksikan kepada semua kepala OPD agar disiplin dalam bekerja, memberikan pembinaan yang profesional, Reward bagi bawahan yang berprestasi serta punishment bagi yang melanggar aturan sehingga kita tetap dapat mempertahankan kualitas SDM ASN yang profesional, berintegritas, loyal dan berdedikasi yang menjadi modal kita bersama membangun Kabupaten Poso," lanjutnya.

Bupati Verna juga menekankan agar seluruh jajaran ASN di Pemkab Poso untuk berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial.

"Gunakanlah sarana media sosial untuk kepentingan dan urusan yang positif dalam mendukung pencapaian visi misi dan program pembangunan daerah serta peningkatan kinerja ASN. Jangan jadikan sarana media sosial sebagai tempat penyebarluasan berita atau informasi yg bersifat negatif dan tidak benar atau 'hoaks'," tegasnya.

Lanjut Bupati Poso, ia mengingatkan bahwa saat sudah berada di pertengahan tahun anggaran 2022. Oleh karena itu semua OPD agar berpacu dengan waktu menyelesaikan program kerja agar anggaran terserap secara optimal dan tepat waktu, sehingga tidak ada waktu yang kosong atau terbuang sia - sia dan tidak ada kegiatan yang menumpuk pada saat yang bersamaan di akhir tahun yang akan merepotkan kita semua mengatur waktu penyelesaiannya. Di samping itu kepala OPD harus mampu mengorganisir jajaran di bawahnya untuk segera menjalankan program kegiatan OPDnya di setiap bidang.

Bupati Poso mengajak kepada seluruh jajaran ASN untuk menjadikan apel perdana masuk kantor ini sebagai pemacu motivasi kita untuk lebih giat lagi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sesuai tugas dan fungsi masing - masing.

"Karena waktu istirahat libur Lebaran sudah sangat cukup memberikan energi baru, saatnya menciptakan kreativitas dan inovasi yang tinggi di dalam meningkatkan pelayanan yang pada akhirnya akan bermuara pada terwujudnya masyarakat kabupaten Poso yang Maju, Tangguh, dan Terdepan di Sulawesi Tengah dengan semangat Membangun Bersama Sejahtera Bersama di Kabupaten Poso, Bumi Sintuwu Maroso tercinta," ungkap bupati Poso.

Di akhir arahan, bupati Poso menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Poso yang telah mengabdi dan melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai ASN, yang terhitung sejak 1 Mei 2022 telah mengambil masa pra pensiun (MPP).

Acara kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi bupati Poso bersama jajarannya ASN peserta apel pagi dengan tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan.

Apel tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, Sekretaris Daerah Yan Edward Guluda, para asisten dan staf ahli, kepala OPD dan serta para ASN lingkup Pemkab Poso.