Destinasi Wisata di Tanah Datar Dikunjungi 131.077 Pengunjung Selama Libur Lebaran

Batusangkar - Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 131.077 orang mengunjungi destinasi wisata unggulan di daerah itu selama libur Idul Fitri 1443 Hijriah sejak hari pertama hari raya hingga Minggu (8/5).

"Data kunjungan sejak 2-8 Mei 2022, di destinasi unggulan yang dikelola pemerintah daerah sebanyak 131.077 orang, yang didominasi wisatawan nusantara (wisnus)," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Agung Indrianto di Batusangkar, Senin (9/5).

Adapun destinasi wisata unggulan yang dikelola pemerintah daerah diantaranya, Istano Basa Pagaruyung, Lembah Anai, Tanjung Mutiara di Kawasan Danau Singkarak, Panorama Puncak Pato. Panorama Aua Sarumpun, Panorama Tabek Patah, Rumah Pohon, Aia Angek Padang Gantiang, Batu Angkek-angkek, dan Nagari Tuo Pariangan.

"Objek wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Istano Basa Pagaruyung dengan kunjungan sebanyak 59.074 pengunjung, sementara puncak kunjungan disemua destinasi terjadi pada Kamis (5/8) dengan 20.686 kunjungan," katanya.

Diharapkan bupati, dengan menggeliatnya kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata di Tanah Datar tentunya turut berdampak positif terhadap pendapatan daerah dan perekomian masyarakat.

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) pasca libur Idul Fitri 1443 Hiriah mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah program unggulan Tanah Datar dalam meningkatkan kunjungan dan pendapatan daerah sera ekonomi masyarakat.

Bersama Dinas Pariwisata, pihaknya terus memantau dan mendatangi objek-objek wisata dalam rangka memastikan kenyamanan pengunjung dan kebersihan dilokasi tersebut

"Kita ingin kunjungan wisata di Tanah Datar ini ramai dikunjungi seperti libur kemarin, tapi tidak pada libur saja, tiap harinya juga seperti itu," pungkasnya.