Pemkot Tasikmalaya Siap Manfaatkan Momentum Kehadiran Tol Gedebage-Cilacap

Tasikmalaya - Pemerintah Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, siap memaksimalkan momentum kehadiran Jalan Tol Gedebage-Cilacap.

"Kehadiran Jalan Tol Gedebage-Cilacap yang ditargetkan pada tahun 2024 selesai sampai Tasikmalaya menjadi kabar baik. Kami sadar aksesibilitas masih jadi kendala orang-orang datang ke Tasikmalaya," ujar Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan, saat ditemui usai Apel Pagi dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2022 di halaman Bale Kota, Jumat (13/5).

Sekda berharap dengan akses jalan yang mumpuni, nantinya invetasi juga bisa mengalir deras ke Kota Tasikmalaya.

"Kami juga sedang merevisi tata ruang. Saat kita berharap investasi masuk ke Kota Tasikmalaya, tentu kita harus menyiapkan lokasi-lokasi mereka dimana, yaitu di kawasan exit tol. Selain itu, kami juga dibantu pihak Pemprov Jawa Barat mempersiapkan jalan lingkar untuk mengantisipasi kepadatan manakala jalan tol hingga Cilacap tersebut baru sampai Tasikmalaya," jelas sekda.

Selain itu, sekda juga mewanti-wanti para eselon 2 untuk mempersiapkan diri manakala jalan tol tersebut sudah rampung seluruhnya hingga Cilacap.

"Saat jalan tol baru sampai Tasikmalaya, Alhamdulillah semua pelancong akan masuk. Namun, manakala jalan tol tersebut sudah selesai seluruhnya hingga Cilacap, ini yang harus dipersiapkan. Jadi mereka nanti tidak hanya lewat saja, namun juga mampir ke Tasikmalaya," tambah sekda.

Ia menjelaskan, saat ini Pemkot Tasikmalaya dibantu Pemprov Jabar tengah menata kembali destinasi-destinasi wisata agar semakin menarik untuk dikunjungi.

"Mumpung masih ada waktu, kita persiapkan daya tarik sehingga orang mau mampir dulu ke Tasikmalaya. Alhamdulillah kemarin Pemprov Jabar juga sudah membantu penataan Situ Gede. Selain itu, Pak Wali Kota juga ingin Jalan HZ Mustofa sebagai etalase Tasikmalaya, nantinya disana akan dibangun wisata kuliner dan belanja," ujarnya.

Di akhir, sekda berterima kasih kepada Antara Digital Media yang terus menginformasikan potensi Kota Tasikmalaya ke seluruh penjuru negeri, bahkan hingga internasional.

"Kami berterima kasih karena Antara Digital Media terus mem-'back up' Kota Tasikmalaya, karena apa yang kita bangun, apabila tidak diinformasikan, orang juga tidak akan datang," pungkas sekda.