PKM Pekkabata dan Disdikbud Polman Gelar Imunisasi Anak

 

Polewali Mandar - PKM Pekkabata bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar menggelar Imunisasi Anak bagi siswa di halaman SDN 066 Pekkabata, Rabu (18/5). Kegiatan ini juga digelar dalam rangka menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar Andi Masri Masdar mengatakan, untuk lebih menjamin kesehatan para siswa, diharapkan bagi para siswa agar membawa alat makan sendiri, demi menghindari penyebaran penyakit.

“Untuk lebih menjamin kesehatan dalam  makan atau sarapan di sekolah, sebaiknya anak-anak diwajibkan untuk membawa alat makan sendiri karena penyebaran penyakit bukan hanya dari pakaian, tapi juga dari alat-alat makan,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala UPTD Puskesmas Pekkabata Andi Agusnawati mengatakan, kegiatan imunisasi anak serentak dilakukan di Kabupaten Polewali Mandar digelar di 53 sekolah, yang terdiri dari PAUD, TK dan SD dengan sasaran 9 bulan sampai dengan 12 tahun atau kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD.

“Hari ini pencanangan perdana di wilayah Puskesmas Pekkabata dan serentak di Kabupaten Polewali Mandar. Alhamdullah kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, sekolah-sekolah dan bekerja sama dengan Direktur Rumah Sakit Polewali. Dalam kegiatan ini, turut hadir Dokter Spesialis Anak, kemudian pelaksanaan BIAN ini sasarannya adalah 9 bulan sampai 12 tahun, jadi untuk anak SD kelas 1 sampai kelas 6, untuk wilayah Puskesmas Pekkabata sendiri ada 53 sekolah yang terdiri dari SD, TK dan PAUD. Di luar itu, pelaksanaan BIAN dilaksanakan di fasilitas kesehatan pertama Puskesmas Pekkabata dan Pos Layanan Imunisasi,” kata Agusnawati.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 066 Pekkabata Erniwati menyambut baik pelaksanaan program BIAN tersebut, beliau berharap dengan adanya imunisasi tersebut, anak-anak akan lebih sehat dan bersiap untuk mengikuti pembelajaran tatap muka secara normal.

“Kami sebagai pihak penyelenggara sekolah menyambut baik program Pemerintah BIAN ini, sebagai upaya untuk mengisi masa-masa dua tahun terkahir yang betul-betul tidak ada kegiatan imunisasi karena pandemi COVID-19, dan kami berharap dengan adanya imunisasi BIAN ini, anak-anak kami yang sudah diberikan imunisasi akan lebih sehat lagi dan bersiap untuk mengikuti pembelajaran tatap muka secara normal ketika masanya sudah tiba dan dari 620 siswa yang kami didik di SDN 066 Pekkabata. Harapan kami untuk target itu bisa mencapai 60-80 %, tapi ketika melihat animo orang tua siswa mengikuti kegiatan imunisasi ini sangat yakin akan mencapai target,” tandasnya.

“Ayo teman-teman, Ikut Imunisasi BIAN, Jangan takut, ini tidak sakit kok, agar kita menjadi anak yang sehat untuk Indonesia sehat, Indonesia maju,“.

Tim Warta Kominfo SP, Polewali Mandar