Melirik Kerajinan Anyaman Bambu Cibuyur Pemalang

Pemalang - Sentra kerajinan anyaman bambu di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, merupakan salah satu potensi Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah yang eksistensinya masih diakui hingga saat ini.

Untuk melestarikan kerajinan anyaman bambu agar tetap eksis, salah seorang pengrajin anyaman bambu asal Desa Cibuyur, Maemunah saat ditemui di rumahnya belum lama ini mengatakan, untuk mempertahankan usaha kerajinan tersebut, selain berupaya dengan memberikan pelatihan, Ia juga tak segan mengajak para generasiya untuk meruskan keterampilan membuat anyaman bambu.

Maimunah saat ditemui Jumat (20/5), mengisahkan keterampilan membuat anyaman bambu sudah ditekuninya sejak kecil. Ia belajar dari orang tuanya yang juga seorang pengrajin anyaman bambu. Menurut Maemunah, Usaha yang digelutinya saat ini merupakan usaha turun-temurun.

Membuat anyaman bambu, kata Maemunah, tidak terlalu membutuhkan modal besar. Karena bambu sebagai bahan utama anyaman, dengan mudah bisa diperoleh dari kebun miliknya atau bisa dengan membeli dari pedagang bambu yang ada di lingkungan desanya.

Untuk membuat kerajinan anyaman bambu seperti rantam, boboko, tempat buah, kap lampu, tempat sambel, tempat sirup nanas, kipas, reyeng dan sebagiannya Maemunah tidak mengerjakanya sendiri, Ia dibantu keluarga dan kelompoknya.

Harga kerajinan yang dibuatnya pun cukup bervariatif yakni antara Rp25 ribu hingga Rp250 ribu. Menurut Maemunah tinggi rendahnya harga tersebut bergantung proses pembuatannya, semakin kecil jenis barang yang dibuat maka tingkat kesulitannya juga semakin tinggi. sehingga akan mempengaruhi harganya.

Jenis kerajinan anyaman yang paling sering dibuatnya adalah anyaman tampah, karena barang tersebut bisa cepat terjual.

"Tapi kalau membuat jenis barang jenis tertentu tergantung pesanan," ujarnya.

Ia mengharapkan pemerintah ikut membantu memasarkan produk tersebut.

"Kalau dari pemerintah Ahamdulillah pihak Diskoperindag sendiri kalau ada pelatihan dimana-mana saya yang dipanggil," ujarnya.

Bagi masyarakat yang berminat dan ingin pesan atau membeli kerajinan anyaman bambunya, Maemunah mempersilahkan untuk datang langsung ke rumahnya di Dusun CA RT 42 RW 06, Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring atau bisa menghubungi nomor WhatsApp 081392034118.