Pemkab Kubu Raya Siap Fasilitasi Pelaksanaan MTQ Kecamatan

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengatakan, untuk menjaring qori dan qoriah terbaik pada setiap pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), pemda setempat akan membantu setiap kecamatan untuk menggelar MTQ.

“Tidak mungkinlah Pemkab Kubu Raya membiarkannya, karena kita selalu spontan dan Insya Allah semua ini bisa dilakukan. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, namun hal yang paling terpenting adalah anak-anak di pondok-pesantren dan sekolah madrasah akan kita perkuat terus untuk memahami dan lebih mencintai Al-Qur’an," kata Bupati Muda Mahendrawan, saat menghadiri penutupan MTQ ke-II tingkat desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya di Jalan Karomah, Senin (30/5) malam.

Dirinya menilai, ada beberapa cabang perlombaan yang perlu diperkuat lagi pesertanya. Meski demikian, Bupati Muda optimis dengan apa yang sudah dilakukan selama penyelenggaraan MTQ ini, maka pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya yang akan digelar pada Juli di Kecamatan Terentang nantinya juga bisa dimaksimalkan.

“Kalau kita melihat kegiatan ini, tentu setiap ajang MTQ di Kubu Raya mulai dari tingkat desa sampai tingkat Kecamatan proses seleksinya cukup ketat dan selalu diikuti anak-anak yang memiliki bakat yang cukup baik dan luar biasa," pujinya.

Bupati menuturkan, dengan digelarnya MTQ tingkat desa ini, tentu dirinya akan lebih memperkuat lagi kualitas-kualitas anak-anak Kubu Raya, yang mana hal ini juga merupakan bagian dari program dengan visi relegius Pemda setempat.

“Tentunya kegiatan ini akan jauh lebih memberikan dampak yang besar, apalagi di tengah pandemi yang belum berakhir saat ini tentu akan membangkitkan semangat dan saya yakin MTQ ini juga akan meningkatkan imunitas tubuh kita," tuturnya.

Untuk menjaring qori-qoriah terbaik, Bupati Muda menyampaikan, Pemkab Kubu Raya akan terus mengawal kegiatan ini dan memfasilitasi setiap pelaksanaan MTQ. Dirinya juga mengapresiasi pelaksanaan MTQ di Desa Kuala Dua ini dengan dilakukan dengan waktu yang singkat selama empat hari. Tentunya hal ini sudah cukup cepat, maksimal dan sangat luar biasa sekali pelaksanaannya.

“Saya mengapresiasi Pemdes Kuala Dua bersama Dewan Hakim, Pondok-pondok Pesantren dan para peserta yang mengikuti mewakili di setiap RT dan Dusun. Saya yakin, pelaksanaan MTQ ini merupakan suatu kebahagiaan yang sesungguhnya. Yang mana kita bisa membahagiakan anak-anak generasi kita dan kita baru bisa bahagia apabila generasi kita juga ikut bahagia. Karena generasi umat inilah merupakan tanggung jawab kita semuanya. Kita tidak lagi bicara tugas, tapi kita sudah bicara tentang tanggung jawab," tegasnya.

MTQ tingkat desa Kuala Dua yang resmi di tutup kepala desa Kuala Dua Abbas ini juga dihadiri perwakilan Kemenag Kubu Raya M. Ichsanuddin, Camat Sungai Raya Ikhsan Sukendra, Ketua LPTQ sungai Raya Musa Abdul Hamid, Ketua DAD Sungai Raya Paulus KD, Anggota DPRD Kubu Raya Umi Kulsum dan M. Salahudin.