Disporapar Kubu Raya Gelar Pelatihan Pembuatan Suvenir Manfaatkan Limbah Rumah Tangga

Kubu Raya - Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menggelar pelatihan pembuatan produk suvenir berbahan baku limbah rumah tangga kepada organsiasi pemuda dan organsiasi wanita.

"Pelatihan ini kita laksanakan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengolah limbah rumah tangga agar bisa menjadi bermanfaat baik untuk digunakan kembali atau untuk dijual," kata Plt Kepala Dinas Porapar Kubu Raya Sukiman di Sungai Raya, Selasa (31/5) pagi.

Dia menjelaskan, peserta dari kegiatan ini berasal dari berbagai unsur pemuda dan organsiasi kewanitaan di Kubu Raya dengan total peserta 50 orang.

"Ada pun pelatihnya adalah Mustakim yang merupakan penggiat ekonomi kreatif yang karyanya sudah banyak di pesan oleh masyarakat, bahkan sudah di ekspor ke luar," tuturnya.

Dia berharap agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa memanfaatkan materi yang diberikan sebaik mungkin agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kreatifitasnya dan bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha baru.

Di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan menyambut baik pelatihan yang diberikan tersebut.

"Ini harus dimanfaatkan baik oleh peserta agar bisa membuka peluang usaha baru bagi masyarakat," kata Rosalina.

Karena ke depan, lanjutnya, Indonesia akan mengalami bonus Demografi di mana angka pekerja akan meningkat dan ini tentu menimbulkan persaingan yang kuat, sehingga salah satu cara yang telat adalah dengan membuka usaha sendiri.