Bupati Banjar Bersama Forkopimda Ikuti Peringatan Harlah Pancasila

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur didampingi Sekretaris Daerah M. Hilman beserta forkopimda mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 bertema ” Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia ” secara virtual di Command Center Manis, Martapura, Rabu (1/6).

Meski secara virtual, bupati Banjar, forkopimda dan sekda yang mengenakan pakaian adat Banjar, nampak khidmat mengikuti jalannya upacara tersebut.

Upacara peringatan tahun ini dipusatkan di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah upacara Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di luar gedung Pancasila Jakarta.

Bertindak selaku Inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo dengan mengenakan pakaian adat khas Ende Ragi Lambu Luka Lesu dengan penutup kepala. Sedangkan Komandan upacara Letkol Inf Tunjung Setyabudi.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak bangsa, tokoh pemimpin, tokoh masyarakat, tokoh agama, pendidik dan pimpinan partai politik untuk menjadi teladan serta contoh dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

”Saya mengajak seluruh masyarakat agar bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila, dalam mewujudkan Indonesia Maju dan cita-cita proklamasi kemerdekaan RI,” ucapnya.

Di akhir upacara, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana melihat secara langsung situs Taman Renungan (Pohon Sukun) Bung Karno, kemudian penganugerahan gelar adat oleh masyarakat Ende NTT kepada Kepala Negara.