Khofifah Doakan JCH Jadi Haji Mabrur dan Kembali dengan Selamat

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendoakan 499 jemaah calon haji (JCH) kloter pertama yang berangkat dari daerahnya menjadi haji yang mabrur dan dapat kembali ke Tanah Air dalam keadaan selamat dan sehat.

"Semoga selama menunaikan ibadah haji, panjenengan semua selalu dalam keadaan sehat, kuat, tidak kurang satu apapun hingga kembali ke Tanah Air dan menjadi haji mabrur," kata Khofifah, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu (5/6).

Khofifah membeberkan jumlah jamaah calon haji yang berangkat pada kloter pertama ada sebanyak 449 orang. Dengan rincian jamaah berasal dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro dengan 197 jemaah pria dan 246 perempuan.

Dalam kloter tersebut, disebutkan apabila jemaah termuda berusia 20 tahun dan jemaah yang tertua telah berusia 65 tahun. Para jemaah diberangkatkan melalui Bandara Internasional Juanda Terminal 2 pada Sabtu (4/6).

Di mana para jemaah akan tergabung dalam lima Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yaitu KBIH Al Islahiyyah, KBIH Ar Roudhoh, KBIH NU Rengel, KBIH Assa'diyah, KBIH Busyrol Ummah serta dua orang non-KBIH.

Khofifah turut menyebutkan total keseluruhan jemaah haji yang berangkat melalui Embarkasi Juanda pada tahun 2022 mencapai 16.967 orang. Dari total tersebut, 16.087 orang adalah jamaah asal Jawa Timur, sedangkan sisanya berasal dari Bali, Nusa Tenggara Timur dan Palembang.

Ia menambahkan guna memastikan kesehatan para jemaah terpantau dengan baik, para jamaah diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi TeleJemaah Pukses Haji yang sangat membantu dalam mengontrol, mempersiapkan kesehatan selama beribadah di Arab Saudi.

“Selama menunaikan ibadah haji, mereka akan didampingi empat orang, yakni satu orang ketua kloter, satu orang pembimbing, satu dokter dan satu perawat,” pungkas Khofifah.