Wabup Manggarai Serahkan SK Guru PPPK

Manggarai - Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan (SK) bagi 604 guru yang berstatus sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Aula MCC Ruteng, Sabtu (3/6).

Dalam sambutannya, Wabup Heri menyampaikan PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu untuk melaksanakan tugas pemerintah khususnya sebagai guru, abdi negara, dan abdi masyarakat.

PPPK yang mendapatkan SK, kata Wabup Heri, sudah melewati proses seleksi yang ketat, transparan, dan akuntabel. Ia mengatakan, banyak yang mendaftar tetapi yang berhasil yang sebagian orang.

"Hari ini menegaskan bahwa saudara/saudari adalah orang-orang pilihan dan terseleksi secara murni berdasarkan kehebatan kita masing-masing," katanya.

Wabup Heri meminta untuk tunjukan kinerja terbaik, buktikan bahwa mereka adalah orang terpilih, tunjukan pula dedikasi dan loyalitas dalam bekerja sebagai guru, untuk memberikan pelayanan terutama dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Jangan berhenti belajar, berdiskusi dan mengikuti tuntutan perkembangan zaman di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengembangkan kompetensi diri, karena tanggung jawab kita akan semakin berat di masa mendatang," ujarnya.

"Tunjukkan kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi, sehingga kehadiran saudara/saudari akan semakin memberi warna yang positif dimana saudara bekerja," tambahnya.

Wabup Heri meminta untuk menjadikan momentum ini untuk membangun kapasitas diri. Bekerjalah dengan semangat, cerdas, jaga etika, melayani dengan sepenuh hati, pelajari hal baru sebagai aktualisasi diri, hindari berbagai bentuk penyimpangan yang berdampak negatif bagi diri, keluarga, lingkungan sekitar maupun masyrakat secara luas.

Dirinya juga berpesan bahwa tugas seorang guru adalah mengajar atau mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya. Dan yang paling penting, ujar wabup, adalah proses humanisme, memanusiakan manusia melalui sebuah proses pendidikan yang mengalirkan nilai, kejujuran, keterbukaan, kerjasama, kolaborasi, dan lainnya.

Para guru juga diminta untuk tidak mudah menyerah dengan berbagai persoalan, jangan takut dengan tantangan dalam pekerjaan.

"Tidak semua yang manis harus segera ditelan, dan tidak semua yang pahit harus dimuntahkan. Bahwa kita juga harus melatih diri dalam kepahitan," ujarnya.

Wabup Heri berpesan kepada PPPK tersebut untuk menjaga keharmonisan dengan kepala sekolah dan guru-guru lainnya, saling menghargai dan menjunjung tinggi etika.

"How to manage the boss, apapun yang terjadi di sekolah, secara personal pertaruhan kita juga menjadi penting untuk menentukan situasi internal," tutupnya.

Turut mendampingi Wabup Heri, Staf Ahli Bupati Manggarai, Asisten Sekda, dan Pimpinan Perangkat Daerah.