Gubernur Sumsel Resmikan Pojok Baca "Perca Leanpuri" dan Launching "Mendali" di Muara Enim

Muara Enim - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim Kurniawan menghadiri peresmian Pojok Baca "Perca Leanpuri" dan launching Muara Enim Digital Library (Mendali) yang diresmikan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru didampingi Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva, di Danau Shuji, Desa Lembak, Muara Enim, Sabtu (4/6).

Dalam kesempatan itu, Plh Bupati Muara Enim Kurniawan menyambut baik dan sangat mendukung hadirnya Pojok Baca "Percha Leanpuri" yang memang sangat tepat untuk ditempatkan di kawasan wisata seperti Danau Shuji, sehingga mampu menginisiasi masyarakat sekitar maupun wisatawan agar menarik minat mereka untuk membaca.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Pemkab Muara Enim berkomitmen untuk meningkatkan minat, kegemaran dan budaya baca masyarakat serta  pengembangan pelayanan perpustakaan melalui penyediaan maupun penyelenggaraan pelayanan perpustakaan yang berkualitas, baik di ibu kota kabupaten maupun di tingkat desa/kelurahan pada 22 kecamatan sehingga memberikan akses luas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi maupun pembelajaran.

Untuk diketahui, Medali merupakan suatu inovasi layanan dalam memanfaatkan digitalisasi buku elektronik (e-book). Diberi nama ’Medali’ yaitu akronim dari Muara Enim Digital Library atau Perpustakaan Digital Muara Enim sesuai arahan Kepala Perpustakaan Nasional pada Rakornas Perpustakaan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

"Besar harapan kita semua melalui Medali ini, pelayanan perpustakaan akan lebih inklusif atau mampu dengan mudah dijangkau masyarakat kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang langsung ke gedung perspustakaan. Tentunya ini semua sebagai bentuk ikhtiar kita bersama dalam mewujudkan masyarakat yang literat sehingga mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) dan indeks pembangunan literasi masyarakat di Bumi Serasan Sekundang," harap Plh Bupati Kurniawan

Dalam kesempatan itu juga, Ratu Tenny Leriva selaku Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan melantik Bunda Literasi Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari Kurniawan yang juga turut disaksikan oleh para pejabat yang hadir.