Bupati Lampung Selatan Terima Penghargaan Mendagri Atas Realisasi Belanja Daerah Tertinggi

Kalianda - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI sebagai peringkat kelima pemerintah daerah dengan realisasi belanja tertinggi 2021 kategori kabupaten.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Karnavian kepada Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, pada acara Penganugerahan Realisasi APBD dan Rakornas Keuangan Daerah Tahun 2022 yang berlangsung di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, baru-baru ini.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemda yang telah melakukan percepatan realisasi belanja sebagai salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Mendagri RI Tito Karnavian, dalam sambutanya mengatakan, uang merupakan pusat dari berjalannya suatu organisasi, termasuk organisasi pemerintahan. Namun demikian, perencanaan dalam mengelola anggaran keuangan daerah itu sendiri jauh lebih penting. Oleh karena itu, jelas Tito, diperlukan adanya pembinaan dan evaluasi terhadap perencanaan dan penyaluran APBD, sehingga realisasi anggaran dari suatu organisasi pun dapat terus berjalan dengan baik.

“Uang itu adalah darahnya organisasi, dimanapun juga, termasuk organisasi negara, organisasi daerah, gak ada uang ya gak ada darahnya, gak jalan. Jadi uang itu penting, maka yang kita bicarakan ini adalah membicarakan bagian sentral daripada organisasi anatomi, uang, anggaran,” katanya.

Pada kesempatan itu, Tito juga mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bekerja keras dalam mendorong pulihnya kesehatan dan perekonomian masyarakat akibat pandemi COVID-19, sehingga saat ini kondisi perekonomian di Indonesia sudah mulai membaik.

“Saat ini ekonomi kita membaik, pandemi juga sudah melandai, saya berterimakasih banyak kepada bapak ibu sekalian, karena kerja penanganan pandemi, krisis kesehatan terbesar di abad ini saya kira, itu bisa kita atasi dengan cukup baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto merasa sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh Pemkab Lampung Selatan. Dirinya mengatakan, capaian ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh jajaran terkait.

“Alhamdulillah, hari ini kita menerima penghargaan dari Kemendagri RI atas capaian dalam realisasi belanja daerah. Saya harap ini bisa menjadi pemacu semangat seluruh jajaran Pemkab Lampung Selatan kedepannya,” tandas Nanang.