Bupati Muda Dorong Penguatan BKMT Kubu Raya Melalui Bantuan Stimulan

Kubu Raya - Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, secara berkelanjutan dan berkomitmen berikan bantuan stimulan kepada Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di semua kecamatan.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, diserahkannya bantuan stimulan ini diharapkan bisa mendorong penguatan semua majelis taklim yang tersebar di 9 kecamatan ini untuk bisa menopang pengembangan-pengembangannya.

"Program stimulan yang saya programkan sejak dulu itu bertujuan agar setiap majelis taklim yang tergabung dalam BKMT ini terdata oleh pemerintah. Jika tidak terdata, maka masyarakat yang punya kumpulan tidak tercatat aktivitasnya dan ini tentunya merupakan bentuk pembiaran dari pemerintah," kata bupati Muda Mahendrawan saat menghadiri Halal Bi Halal BKMT se-Kecamatan Sungai Kakap di Masjid An-Nur, Desa Jeruju Besar, Senin (6/5) siang.

Bupati Muda menuturkan, dengan diterapkan sistem informasi berbasis data geospasial ini, semua aktivitas masyarakat termasuk BKMT ini sudah tercatat secara pasial oleh pemerintah Kubu Raya.

"Dengan sistem data berbasis geospasial ini semua yang berkaitan dengan BKMT di Kubu Raya itu terdata, mulai dari nama BKMT, anggotanya, dan bahkan fhoto aktivitas BKMT juga ditampilkan di data geospasial ini," jelasnya.

Bupati menyadari sejak pandemi COVID-19 melanda, hampir aktivitas masyarakat terpaksa ditunda termasuk kegiatan BKMT ini. Namun hal itu tidak mengurangi hubungan silaturrahmi antara masyarakat dengan pemerintah daerah, justru kondisi itu sebagai penguat bagi Kubu Raya untuk bisa tetap membahagiakan masyarakatnya.

"Perjalanan BKMT Kubu Raya ini punya magnet yang luar biasa, yang mana setiap orang akan tahu karakteristik BKMT Kubu Raya, yaitu BKMT 'menanjak'," ujarnya.

Muda meminta setiap BKMT baik di kecamatan dan desa agar bisa mengenal identititasnya. Diharapkan kedepannya, siapapun pengurus BKMT, tentunya BKMT Kubu Raya bisa mengenal identitasnya.

"Saya berusaha mendorong melalui peraturan bupati, agar bagaimana semua desa-desa bisa bersinergi dan memperkuat kegiatan BKMT ini, karena rencananya pada tahun 2023 mendatang kita minta agar Dana Desa juga membantu aktivitas BKMT," jelas Bupati Muda.

Dalam kegiatan halal bihalal ini, Bupati Muda Mahendrawan berasama Ketua TP PKK Rosalina Muda menyerahkan bantuan stimulan kepada 15 pengurus BKMT di kecamatan Sungai Kakap dan menyerahkan bantuan kepada kaum dhuafa.