Perkuat Literasi Generasi Muda, Pemkab Kubu Raya Kukuhkan 25 Duta Bercerita

Kubu Raya -  Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, mengukuhkan 25 anak sebagai Duta Bercerita untuk membangun karakter dan kemampuan literasi bagi anak-anak di daerah setempat.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan lomba bercerita bagi siswa SD/MI se-Kubu Raya, sekaligus mengukuhkan 25 anak sebagai Duta Bercerita Kubu Raya," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin (6/6).

Ia menjelaskan lomba bercerita bagian dari program Gerakan Membacakan yang sudah dicanangkan Pemkab Kubu Raya sejak 2019.

"Gerakan Membacakan ini juga sudah kita perkuat dengan Peraturan Bupati Kubu Raya Nomor 3 Tahun 2020 tentang Gerakan Membacakan. Gerakan Membacakan adalah gerakan inovasi literasi yang bertujuan membangun karakter dan kemampuan literasi pada peserta didik," tuturnya.

Selain menumbuhkan minat baca, gerakan itu bertujuan membangun rasa percaya diri, mengembangkan dasar relasi hubungan sosial, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak.

"Nah, setelah anak-anak kita memiliki kemampuan membacakan dan percaya diri, maka mereka kembali diasah kemampuannya untuk bisa bercerita di depan umum, untuk menumbuhkan karakter dan percaya diri mereka," katanya.

Ia menjelaskan Gerakan Membacakan membutuhkan kemampuan untuk peserta didik agar bisa membuka relasi dan keberanian serta percaya diri membacakan kepada orang di lingkungan sekitar.

"Kita berharap dengan Gerakan Membacakan dan bercerita ini, anak-anak Kubu Raya memiliki karakter unggul dan menjadi masa depan cerah bagi kabupaten ini," tandas Muda.