Bupati Muda: Kemah Budaya Wisata Wujudkan Generasi Kubu Raya yang Mengakar

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mendorong agar semua pelajar di wilayah setempat memiliki mental kuat bak akar..

Bupati Muda menjelaskan dengan event Kemah Budaya Wisata di SMPN 18 Sungai Kakap ini diharapkan mampu mewujudkan generasi Kubu Raya yang mengakar.

"Seperti bunga yang selalu tampak indah dipandang mata, tapi akan mudah gugur dan layu ditiup angin, namun jika memiliki akar yang kuat, meski berada paling bawah dan tidak indah dipandang mata dan selalu diinjak, namun akarlah yang selalu memberikan kehidupan dan kebahagiaan karena selalu menumbuhkan setiap pohon," kata Bupati Muda saat menghadiri Kemah Budaya Wisata II di SMPN 18 Sungai Kakap, Sabtu (11/6) malam.

Bupati Muda menuturkan, dengan event Kemah Budaya Wisata yang digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bersama Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) ini untuk menancapkan dan mewujudkan generasi yang mengakar dan tidak sekadar tampilannya saja, melainkan benar-benar mengakar dalam pikiran terdalam.

“Inilah tantangan kita kedepan, makanya pesan saya untuk generasi muda, meski kita anak desa berfikirnya menduni.a. Maksud mendunia ini bagaimana cara berfikir kita itu luas dan kita bisa benar-benar menjadikan diri kita bertanggung jawab terhadap diri sendiri," ujar Bupati Muda.

Dirinya menambahkan, selain bertanggung jawab terhadap diri sendiri, kita juga harus punya tanggung jawab terhadap orangttua, orang banyak, negara dan terhadap Allah SWT. Oleh karena itu diperlukannya penanaman tanggung jawab bagi generasi Kubu Raya.

“Kemah Budaya Wisata yang mengusung tema ‘Kepong Bakol Perkuat Literasi Budaya dan Menanjakkan Wisata Desa di Kubu Raya’ ini bertujuan agar para generasi Kubu Raya ini juga ikut berkontribusi dan bertanggungjawab serta memmperkuat literasi budaya dan wisata desa yang ada di daerahnya maisng-masing," ucapnya.

Bupati Muda juga mengapresiasi dan merasa bangga antusias siswa mengikuti kemah Budaya Literasi yang dipusatkan di SMPN 18 Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap ini, karena kegiatan akan menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi terhadap teman-temannya.

“Karena dalam kemah budaya ini berbagai kegiatan pasti ditampikkan siswa yang ada dalam kemah ini, seperti pertunjukan budaya, pencak silat dan lain sebagainya," ucapnya.

Dirinya mengharapkan dengan diselenggarakannya Kemah Budaya Wisata ini agar desa pariwisata di setiap kecamatan di Kubu Raya ini bisa lebih dikenal masyarakat luas sehingga bisa menarik minat masyarakat dalam hal kebudayaan.

“Selain itu juga sebagai pengingat kepada masyarakat bahwasannya setiap kita punya tanggung jawab untuk menjaga dan melesatrikan alam serta kebudayaan di daerah kita masing-masing," pungkasnya.