Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Pendidikan Masuk PTN 333 Siswa

Tanah Datar - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kepada 333 siswa yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma di Aula Kantor Bupati, Pagruyung, Senin (29/6).

Ketua I Baznas Tanah Datar Abrar menyampaikan, sebagai lembaga yang diamanahkan untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat umat Islam, Baznas mempunyai program bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusiaan dan ekonomi.

“Untuk bantuan pendidikan hari ini disalurkan sebesar Rp638.250.000 untuk 333 orang yang lulus diterima di PTN,” ujar Abrar.

Abrar menambahkan, terkait pandemi COVID-19, untuk penyerahan dilakukan dua gelombang. Pada tahap awal ini diserahkan kepada 150 orang penerima dan gelombang kedua sisanya diserahkan di gedung Kecamatan Lima Kaum pada Selasa (30/6).

Abrar juga menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi pemerintah daerah yang telah mengimbau ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD untuk memaksimalkan pengumpulkan zakat yang tidak hanya berupa gaji, namun juga tunjangan lain yang diterima.

“Kepada anak-anak diharapkan untuk selalu mendoakan para pemberi zakat (muzaki) untuk selalu sehat dan sukses agar dapat kembali memberikan zakatnya,” pungkas Abrar.

Sementara itu, Wakil Bupati Zuldafri Darma menegaskan kembali komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya, program ini kita yakini tidak hanya sekadar membantu tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat nantinya,” ucap wabup.

Zuldafri mengatakan, Tanah Datar tidak memiliki sumber daya mineral yang melimpah, oleh karena itu melalui SDM inilah diharapkan bisa memajukan kesejahteraan masyarakat, dan anak-anak inilah yang akan menjadi modal yang dapat diandalkan sepanjang masa.

Kepada penerima bantuan, wabup berpesan kepada anak-anak untuk memanfaatkan bantuan ini dengan baik.

"Kuliah dengan tekun, tekadkan di hati untuk belajar meraih impian atau cita-cita, sayangi orang tua dan jangan lupakan shalat," ujar Zuldafri.