Pemkab Tanah Datar Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda Melalui Pelatihan VSGA

Batusangkar - Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerja sama dengan Pemkab Tanah Datar menggelar pelatihan Vacation School Graduate Academy (VSGA) yang dilangsungkan selama lima hari.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar Yusrizal, dalam keterangan tertulis, Senin (13/6), mengatakan pelatihan VSGA bertujuan untuk mencetak talenta atau sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi digital.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM di Tanah Datar, khususnya di bidang Informasi dan teknologi," kata Yusrizal.

Ia juga mengatakan, Dinas Kominfo setempat terus berupaya menjadikan Tanah Datar sebagai daerah yang berbasiskan teknologi. Untuk itu ada tiga langkah yang diupayakan, yaitunya, aktifasi digital, aplikasi, dan infrastruktur. Dinas Kominfo Tanah Datar juga bermimpi bahwa pada tahun 2024 apapun layanan sudah dalam HP android yang disebut dengan Tanah Datar diujung jari.

Sementara itu, Kepala BBPSDMP Medan yang diwakili Yusrizal mengatakan, Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Februari 2018, jumlah tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 5.13 persen.

Tingkat pengangguran terbuka untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencapai 21 persen, tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sekitar 24 persen, dengan kata lain ada penawaran tenaga kerja yang tidak terserap tingkat pendidikan SMA dan SMK. Untuk itu perlu peningkatan kemampuan tenaga kerja agar dapat memenuhi tenaga seni terampil maupun terampil dalam menutut kesenjangan tersebut.

Mengetahui perkembangan pesat teknologi, ujarnya, maka Kemkominfo menginisiasi program digitalen scholarship dimana program itu sudah dimulai sejak tahun 2019.

"Alhamdulillah sampai saat ini bekerja dengan tujuh mitra kerja yang akan melaksanakan pelatihan bagi 40 ribu orang, dan untuk Tanah Datar akan melatih 5.000 orang mudahan ini bisa terlaksana," ujarnya.

"Untuk kegiatan ini ditujukan bagi para alumni SMK, pada pelatihan ini ada tiga skema ada junior gravic disainer, network administrasi, dan video editing," lanjutnya.