BPKAD Kota Palangkaraya Studi Banding Penyusunan ASB Fisik ke Kabupaten Banjar

Martapura - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menerima kunjungan Badan Pengelolaan Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD) Kota Palangkaraya, Selasa (14/6).

Rombongan tersebut dipimpin oleh Andri Permana yang merupakan Kabid Anggaran BPKAD Kota Banjarbaru dan diikuti oleh Rahmad Jaya selaku Kasubbid Belanja dan Pembiayaan serta tiga orang lainnya yang merupakan dari instansi sama.

“Kunjungan ini terkait penyusunan ASB fisik di Kota Palangkaraya, yang mana sampai  saat ini baru tersedia ASB non fisik. Ketika kami mencari informasi, kami mendapatkan kabar bahwa tetangga yaitu Kabupaten Banjar sudah menyusun ASB fisik,” ungkap Andri.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappedalitbang Kabupaten Banjar Nashrullah Shadiq yang menjadi tuan rumah kunjungan ini menyampaikan bahwa Kabupaten Banjar memang sudah melakukan penyusunan ASB fisik sekaligus HSPK. Di Banjar sendiri sudah menyusun ASB fisik, meski di tahun- tahun sebelumnya telah ditetapkan ASB non fisik.

Bappedalitbang bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam penyusunan ASB dan HSPK Fisik dan Non Fisik.

“Hal itu dikarenakan Fakultas Teknik ULM yang juga menyusun standar harga barang dan jasa,“ungkap Nashrul.

ASB merupakan Analisa Standar Belanja yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah dalam satu tahun anggaran.

“Hal itu terkait dengan perencanaan penganggaran di tahun selanjutnya,” tandasnya.