Dua Desa di Pangkep Sinergi Peningkatan Akses Sarana Air Minum

Pangkep – Pemerintah Desa Benteng menandatangani kerja sama peningkatan akses sarana air minum dan sanitasi dengan Desa Boddie Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Penandatanganan kerja sama ini difasilitasi langsung Camat Mandalle melalui rapat koordinasi di Aula Kantor Camat Mandalle Kabupaten Pangkep Senin (29/6).

Camat Mandalle Mashud mengatakan sebelum pertemuan ini digelar pihaknya telah pertemukan kedua belah pihak dan sudah ada diskusi di antara dua pemerintah desa tersebut.

“Sebelumnya kami telah mempertemukan kedua belah pihak dan hari ini akan menyaksikan bersama penandatanganan kesepakatan penggunaan sumber air Desa Benteng untuk mengaliri warga Desa Boddie,” katanya.

Kepala Bappeda Pangkep Abdul Gaffar menjelaskan kerja sama ini bertujuan mendukung keberfungsian sarana yang telah dibangun melalui Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III.

“Untuk jangka panjang, kita harus memiliki gambaran kondisi perkembangan Kecamatan Mandalle untuk masa depan baik dari sisi infrastruktur, sarana transportasi, maupun sarana air minum dan sanitasi warga,” terangnya.

Ia mengapresiasi Pemerintah Desa Benteng, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Kelompok Pengelola Sarana Pengelolaan Air Minum (KP-SPAM) Pamsimas III yang bersedia menggunakan sumber airnya untuk dialiri ke warga Desa Boddie, Kecamatan Mandalle.

“Tidak bisa dipungkiri kita harus memiliki manajemen dalam mengelola air. Namun kebaikan (Pemerintah Desa, KKM dan KP-PAMS Benteng) akan dibalas oleh Tuhan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) PMD Pangkep Abd Haris Has AP melihat pengelolaan Sarana Air Minum (SAM) ini adalah potensi pengembangan Pendapatan Asli Desa (PADes) jika hal itu melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Hasil kesepakatan yang akan dijalankan nantinya, kiranya melibatkan BUMDes (dalam pengelolaan) melalui investasi pengembangan sarana air minum,” ujarnya.

Adapun pertemuan tersebut dihadiri Kepala Bappeda,  Kadis PMD Pangkep, Panitia Kemitraan (Pakem), DPMU, Tim Fasilitator Masyarakat (TFM), Roms 15 Pamsimas, Kades Boddie, Kades Benteng, KKM dan KP-SPAMS Pamsimas III. (Mcpangkajene)