Bupati Banjar Dorong Brigade Informasi Tangkal 'Hoaks'

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur meminta Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar agar mendorong Brigade Informasi di wilayah setempat untuk menangkal berita bohong (hoaks) yang banyak beredar.

Arahan tersebut di utarakannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Mingguan lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, di Aula Barakat Martapura, Senin (27/6) pagi.

”Bila ada berita 'hoaks' langsung diklarifikasi dan di upload di media masing-masing, namun kita juga tidak berharap ada berita seperti itu,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala DKISP Banjar M Aidil Basith mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan hal ini kepada Brigade Informasi agar dapat mengantisipasi berita hoaks dimaksud.

Sementara terkait kontribusi Brigade Informasi dalam pembuatan berita pada unit kerjanya masing-masing, jelas Aidil, dalam sepekan ini berjumlah 71 berita.

“Alhamdulillah pada pekan ini Brigade Informasi sudah memberikan 71 berita hasil kerja masing masing dinas,” ucapnya.

Basith menambahkan, dalam rangka mendukung pelayanan di Plaza Simpang Empat, pihaknya akan bekerja sama dengan ICON+ dalam hal jaringan yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

"Desember ini sudah jalan sesuai perjanjian dengan ICON+ mereka akan melakukan uji coba sebelum kontrak pada 2023,” bebernya.

Di rakor tersebut juga membahas tentang aplikasi Srikandi, permasalahan sampah yang akan menjadi prioritas seluruh stakeholder terkait, mengoptimalkan fungsi Command Center Manis dan Plaza Pelayanan Publik di Simpang Empat.