Kota Singkawang dan Sibu Sarawak Bersiap Jadi Friendship City

Singkawang - Pemerintah Kota Singkawang melakukan pertemuan dengan Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia RI di Horison Ultima Hotel dan Resort, akhir pekan lalu, dalam rangka tindak lanjut friendship city antara Sibu dan Singkawang

“Tujuan kedatangan kami untuk menyampaikan undangan dari Pemerintah Daerah Sibu, yang merupakan tindak lanjut upaya untuk menjadikan friendship city antara Sibu dan Singkawang,” kata Konsul Jenderal Raden Sigit Witjaksono.

Ia mengatakan, Kota Sibu merupakan kota terbesar ketiga di Sarawak. Sigit berharap kerjasama dari kedua belah pihak mendatangkan manfaat bagi masyarakat, khususnya di sektor ekonomi, budaya dan lainnya.

“Mudah-mudahan potensi Kota Sibu sejalan dengan potensi Kota Singkawang bisa berlanjut pada kerjasama yang nantinya memberikan manfaat pada sektor ekonomi, budaya dan lain-lainnya. Tentunya, bermanfaat bagi masyarakat di kedua kota ini,” ujarnya.

Selain itu, Sigit menyampaikan perbatasan Indonesia – Malaysia yang terletak di Entikong dan Aruk sudah dibuka kembali pada April 2022 lalu. Semasa Pandemi Covid-19, aktivitas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk hanya diperuntukan bagi para TKI yang pulang ke Indonesia. Ia berharap dengan kembali dibukanya PLBN Aruk ini dapat segera dilalui oleh transportasi umum Antar Lintas Batas Negara (ALBN) yang memuat banyak penumpang untuk melintasi kedua negara ini.

“Sebelum pandemi, DAMRI sering melintasi daerah perbatasan ini dan mudah-mudahan bisa diaktifkan kembali. Selain transportasi umum, kedepannya juga diharapkan bisa kembali dipergunakan untuk wisatawan dan juga barang. Mudah-mudahan bisa diwujudkan dalam waktu dekat mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyambut baik kedatangan rombongan Konsulat Jenderal (Konjen) RI wilayah Kuching, Sarawak dan Malaysia di Kota Singkawang. Ia berharap terbentuknya Friendship City antara Kota Sibu dan Kota Singkawang membawa manfaat di sektor perdagangan dan pariwisata.

“Tentu ini adalah harapan kita bagaimana otonomi daerah Kota Singkawang bisa ditingkatkan melalui upaya perekonomian. Selain itu juga kunjungan-kunjungan yang mempererat hubungan persaudaraan antara kedua belah pihak,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Tjhai Chui Mie juga mengundang kehadiran Konjen RI bersama Pemerintah Kota Sibu dalam rangka memperingati hari ulang tahun Pemerintah Kota Singkawang yang jatuh pada bulan Oktober mendatang.

“Mudah-mudahan di bulan Oktober nantinya Konjen RI bersama Pemerintah Kota Sibu dalam berkunjung kembali dalam rangka memperingati hari ulang tahun Pemerintah Kota Singkawang. Kedepannya, kita siap akan berangkat dalam rangka berkunjung dan membawa makanan khas dari Kota Singkawang,” pungkasnya.