Pemkab Tabalong Antisipasi Lonjakan Harga Bapok Jelang Idul Adha

Tabalong - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengantisipasi kenaikan sejumlah harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M.

“Kenaikan saat ini lumayan besar dibandingkan pada saat menjelang Hari Raya Idul Adha beberapa tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh perubahan cuaca sehingga banyak petani yang gagal panen,” ucap Kepala Dinas KUKMPP Tabalong Husin Ansari di Tabalong, Selasa (28/6).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas teknis untuk melakukan pola tanam yang berkelanjutan sebagai bentuk antisipasi kenaikan harga bahan pokok yang dibutuhkan untuk mengantisipasi lonjakan di beberapa harga bapok di Tabalong.

“Kami akan berkoordinasi dengan penghasil bawang merah untuk dapat difasilitasi oleh pPmerintah Provinsi Kalsel terkait dengan bagaimana pola tanam yang kira-kira berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu, Husin akan mengupayakan untuk lakukan pengembangan pakan ternak ayam, sesuai keinginan bupati Tabalong, sehingga para petani bisa memproduksi pakan sendiri dan berdampak pada turunnya produk peternakan.