Jelang Idul Adha, Pemkab Tabalong Butuh Tambahan Sapi Kurban

Tabalong - Kepala bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Suwandi berkoordinasi dengan Balai Karantina Hewan Kalimantan Selatan, untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha 1443 Hijriah yang diperkirakan akan meningkat drastis di Tabalog.

“Jumlah sapi untuk kurban diperkirakan masih kurang, karena Idul Adha tahun lalu Tabalong membutuhkan 850 ekor sapi sedangkan untuk kambing diperkirakan sudah cukup,” ujar Suwadi, dalam keterangan Dinas Kominfo Tabalong, Jumat (1/7).

Berdasarkan data terakhir dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, untuk saat ini ketersediaan hewan kurban di Tabalong telah mencapai 626 ekor sapi dan 88 ekor kambing.

“Nantinya kita meminta rekomendasi ke provinsi mengenai pemasokan sapi dari zona-zona yang bebas penyakit mulut dan kuku (PMK). Harapan kami nantinya hewan kurban di Tabalong dapat terpenuhi,” ujar Suwandi.

Ia menjelaskan, untuk pemenuhan hewan kurban di Tabalong saat ini didominasi oleh sapi lokal, dan yang telah terdata sebanyak 350 ekor bersumber dari semua kelompok ternak di wilayah setempat.