Bupati Muda Buka MTQ Tingkat Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya - Ribuan masyarakat dari berbagai desa di kecamatan terentang memadati lapangan Desa Radak Dua untuk menyaksikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-VIII tahun 2022 tingkat Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, yang resmi dibuka oleh Bupati Muda Mahendrawan, Jumat (1/7) malam.

Pembukaan MTQ yang diikuti 429 peserta dari sembilan kecamatan di Kubu Raya ini disambut meriah masyarakat di Kecamatan Terentang, mengingat kegiatan ini merupakan yang pertama digelar.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, MTQ tingkat kabupaten yang digelar di Kecamatan Terentang ini merupakan suatu percepatan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kalbar yang melakukan tranformasi karena menyesuaikan dengan situasi yang setiap tahunnya digeler MTQ.

“Ini merupakan langkah yang sangat tepat dari Ketua LPTQ Kalbar Andi Musa yang melakukan terobosan, karena hal ini akan membuat kita jauh lebih efektif dan cepat dalam mengikuti zaman yang juga sangat cepat perubahannya, sehingga kita harus bisa mengimbangi situasinya," kata Muda Mahendrawan, saat membukan MTQ ke VIII di Kecamatan Terentang.

Bupati Muda menuturkan, kafilah Kabupaten Kubu Raya pasa setiap event MTQ provinsi selalu menghasilkan prestasi yang cukup luar biasa, termasuk juga di MTQ nasional.

“Insya Allah, dengan bimbingan dari LPTQ Provinsi Kalbar dan sekaligus kita semua, MTQ di Terantang ini sebagai upaya bagi kita untuk mempersiapkan MTQ tingkat Provinsi Kalbar yang akan dilakukan di Kabupaten Ketapang pada November mendatang," ujarnya.

Dirinya berharap pada event MTQ tingkat Provinsi Kalbar nantinya Kubu Raya bisa terus menorehkan prestasi yang terbaik, serta langkah yang transformatif dari yang sebelumnya, baik jumlah maupun kualitas bisa dilakukan dengan upaya-upaya yang jauh lebih berkualitas.

“Apalagi MTQ tingkat provinsi telah diubah menjadi setiap tahun, sehingga ini menjadi peluang kita untuk benar-benar fokus dalam menjaringnya baik ditingkat desa, maupun tingkat kecamatan, sehingga semuanya akan bisa lebih maksimal,” ucap Bupati Muda.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada unsur pemerintahan dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, desa dan dukungan warga masyarakat Terentang yang telah siap mensukseskan pelaksanaan MTQ ini.

“Event MTQ ini merupakan salah satu kegiatan positif yang salah satu nya dapat meningkatkan kualitas SDM sehingga kita akan selalu dapat maju berkembang mengikuti perkembangan zaman," tandasnya.