Kegiatan TMMD Tingkatkan Semangat Gotong Royong

Tanah Datar - Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) dirasakan mempunyai banyak manfaat bagi daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan ini seperti meningkatkan semangat gotong royong masyarakat dalam wadah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari.

“TMMD atau TMMN (Nagari) dapat membantu mempercepat pembangunan dengan penekanan prioritas pembangunan di bidang infrastruktur, sarana dan prasarana dasar lainnya dengan meningkatkan semangat gotong royong masyarakat,” kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, kemarin.

Menurut Zuldafri sesuai tema TMMD Pengabdian Untuk Negeri diharapkan dapat memberi dampak nyata peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kepada masyarakat nantinya senantiasa memelihara apa yang telah dibangun bersama TNI dan unsur lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S. Harahap menyampaikan TMMD disamping memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, juga untuk turut membantu Pemda Tanah Datar dalam rangka menyejahterakan masyarakatnya.

“TMMD yang dilaksanakan di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto mempunyai berbagai sasaran seperti pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan sepanjang 2.800 meter dengan lebar 6 meter. Penyuluhan tentang COVID-19, sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan, penyuluhan hukum dan narkoba, pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan sampai ke penyuluhan pertanian dan perikanan,” tegasnya.

Adapun dalam TMMD ini melibatkan 150 orang personil satgas, 25 orang penyuluh dari OPD dan 50 orang masyarakat per hari.

Wali Nagari Panyalaian Roni Dt. Panduko Sirajo menyampaikan terima kasih kepada Pemda dan TNI yang telah menjadikan daerahnya sebagai tujuan pelaksanaan program TMMD.

“Dari rencana pelaksanaan TMMD akan membuka jalan masyarakat sepanjang 2,8 km dengan lebar 6 meter tentu menjadi sesuatu hal yang sangat berharga bagi kami, terutama sekali untuk biaya produksi hasil tani atau kebun masyarakat semakin ringan,” pungkasnya. (KominfoTanahDatar)