Di HLUN 2022, Pemkab Banjar Tekankan Pentingnya Posyandu Lansia

Martapura – Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menekankan pentingnya peran Posyandu Lansia dan fasilitas Kesehatan lainnya untuk warga lanjut usia.

“Posyandu bukan hanya untuk orang sakit dan berobat, akan tetapi juga untuk memelihara kesehatannya, sehingga kesehatan lansia di Kabupaten Banjar bisa terus ditingkatkan dan saling berpegangan untuk bisa menjadi salah satu pendukung Indonesia maju dan kuat,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas, pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tahun 2022 di di Ballroom Tree Park Hotel, Kertak Hanyar, Selasa (5/7).

“Lansia bisa rutin memeriksa kesehatannya dan melakukan konsultasi secara aktif mengetahui informasi yang bermanfaat untuk memperjuangkan kesehatannya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina menambahkan, peringatan Hari Lansia hari ini didukung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, dimana kedepannya akan terus meningkatkan peran fasilitas atau lembaga-lembaga kemasyarakatan untuk urusan kesehatan seperti posyandu lansia, posbindu dan nantinya ada posyandu prima.

Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan secara simbolis tali asih dan suvenir oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar kepada lansia Panti Werdha dan perwakilan lansia serta penyerahan KIT kepada pengelola lansia Puskesmas Cintapuri Darussalam.

Sebelum peringatan puncak hari lansia, digelar senam lansia dan pemeriksaan kesehatan atau skrining penyakit tidak menular.