Plt Gubernur Jatim Minta Peserta PPAP Tancapkan Nilai Kebangsaan

Lumajang - Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berpesan kepada 34 peserta Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) agar menancapkan nilai kebangsaan dan wawasan untuk menyatukan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.



"Harus dapat menjadi satu kesatuan. Para pemuda juga harus memiliki pemahaman mengenai keberagaman dan mengerti bahwa di balik keberagaman itu ada kesamaan cita-cita," ujarnya saat membuka PPAP 2022 di Bumi Perkemahan Glagaharum, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (6/7).



PPAP diikuti masing-masing satu orang perwakilan dari setiap provinsi di Tanah Air dan diharapkan nantinya dapat merajut persaudaraan serta kebersamaan pemuda-pemudi dari Sabang sampai Merauke.



Mantan Bupati Trenggalek tersebut juga bercerita pengalaman pribadinya yang pernah merasakan kegiatan serupa, yakni berkumpul dengan perwakilan dari anak-anak daerah lainnya.



"Saya beberapa kali mengikuti acara mewakili provinsi tempat saya berdomisili, namun saat itu adalah DKI Jakarta, tepatnya Hari Pendidikan Nasional jenjang SMP pada 1997. Saya diberi kesempatan bisa berdialog dengan Bapak Presiden Soeharto saat itu di Istana Negara," ucapnya.



Menurut dia, pengalaman yang sangat berharga ketika itu adalah berkumpulnya para peserta dari berbagai provinsi yang setelahnya senantiasa dapat terus terjalin.



Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Asrorun Ni'am Sholeh yakin bahwa 34 pemuda-pemudi yang mengikuti PPAP 2022 ini akan menjadi pemimpin masa depan.



"Ini adalah upaya untuk membangun sumber daya manusia unggul demi Indonesia Maju. Kalau mencita-citakan Indonesia Emas pada 2045, usia adik-adik ini nantinya adalah 30-40 tahunan. Maka kalian akan menjadi agen perubahan dan garda terdepan," katanya di hadapan para peserta.



"Masalah akan selalu ada, tapi yang terpenting bagaimana kalian menghadapinya. Lalu kabarkan kabar baik ini pada dunia," tambah dia.



Pada kesempatan sama, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar merasa terhormat dan bangga daerahnya dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan PPAP 2022.



"Tuan rumah ini tentu berkah bagi Lumajang. Terima kasih kepercayaannya yang luar biasa, baik dari Kemenpora maupun Pemprov Jatim," tuturnya.



Nantinya, kata dia, para peserta akan ditempatkan di 17 desa untuk saling bertukar ilmu, termasuk sebagai teladan untuk memotivasi para pemuda dan pemudi di Lumajang.



"Semoga ke depan pemuda kita bisa semakin mendunia," kata orang nomor dua di Pemkab Lumajang tersebut.