Pasien COVID-19 Sembuh di Manggarai Barat Bertambah Dua Orang

Labuan Bajo - Pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, bertambah dua orang.

Dua pasien COVID-19 sembuh itu berdasarkan dua kali pemeriksaan swab dengan hasil negatif dari sampel yang dikirim ke Laboratorium Biologi Molekuler Patologi Klinik RSUD Prof WZ Johannes Kupang, beberapa waktu lalu.

Kedua pasien sembuh tersebut yakni nomor 13 inisial MR (13) laki-laki dari Labuan Bajo, Kecamatan Komodo dan nomor 15 inisial N (40) perempuan yang merupakan pasien transmisi lokal kontak erat pasien 07 dari Malawatar, Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paulus Mami kepada media center COVID-19, Selasa (30/6) menjelaskan, dengan bertambahnya dua pasien sembuh, maka totalnya menjadi sembilan orang dari 16 pasien positif.

"Setelah pemeriksaan tahap ketiga negatif (2 kali negatif), maka pasien 13 dan 15 dinyatakan sembuh dan akan dipulangkan ke rumah masing-masing berkumpul kembali di tengah keluarga," katanya.

Dijelaskannya, dari 41 sampel swab yang dikirim tanggal 25 Juni 2020 yang lalu, selain 2 pasien sembuh, ada juga 3 pasien positif Covid-19 yang hasil pemeriksaan swab negatif (1 kali negatif), 1 pasien positif yang hasil swab nya masih positif serta 22 OTG hasilnya negatif.

"Sehingga total sampel swab yang sudah ada hasilnya adalah 28, kemudian sisanya 13 sampel yaitu tiga sampel swab pasien positif (pasien 08 inisial MM, pasien 12 inisial YBP dan pasien 16 inisial Sui) dan 10 sampel swab dari OTG akan menyusul hasil pemeriksaan laboratoriumnya," ucapnya.

"Kemudian tiga pasien positif yang hasil swab negatif satu kali yakni pasien 07 inisial Ju (40) laki-laki, pasien 09 inisial Sug (44) laki-laki, kedua pasien tersebut domisili di Malawatar Kelurahan Tangge Kecamatan Lembor dan Pasien 10 inisial AE (51) laki-laki dari Lendo Desa Siru Kecamatan Lembor dan akan dilakukan pengambilan swab tahap selanjutnya, jika hasilnya negatif lagi maka akan dinyatakan sembuh," ungkap Kadis Paulus Mami.

Namun, lanjut Kadis Kesehatan, ada satu pasien positif Covid19 dari hasil pemeriksaan swab hari ini dinyatakan positif yaitu pasien 14 inisial ARP (13) laki-laki dari kampung air kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Komodo, pasien tersebut tetap diisolasi di RSUD Komodo," katanya.