Terima Mata Lokal Award, Pj Bupati Muara Enim Persembahkan untuk Petani

Muara Enim – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, Kurniawan menerima penghargaan Mata Lokal Award 2022 berkat kepeduliannya yang konsisten terhadap dunia pertanian dan pangan di Kabupaten Muara Enim.

Penghargaan kategori Program Pengembangan Pupuk Ramah Lingkungan, diserahkan pada Sarasehan Nasional dengan tema “1.001 Cerita dari Bumi Sriwijaya untuk Indonesia Menuju Sumsel Mandiri Pangan” yang digelar oleh Tribun Sumsel, di Griya Agung, Palembang, Selasa (12/7).

Kurniawan menegaskan, penghargaan tersebut dipersembahkan untuk para petani Kabupaten Muara Enim yang terus bekerja keras dan berinovasi mengembangkan dunia pertanian di Bumi Serasan Sekundang.

"Kami (Pemkab Muara Enim) akan selalu berada di tengah-tengah masyarakat dalam hal ini para petani dan akan terus konsisten mendukung dunia pertanian di Kabupaten Muara Enim, sehingga dapat lebih maju dan berkembang bahkan dapat menjadi lumbung pangan daerah yang tentunya hal tersebut selaras dengan program Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, yaitu Sumsel Mandiri Pangan (SMP)," ucap Kurniawan.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Fungsional Penyuluh Pertanian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Muara Enim, Anton Musdiaton, menerangkan soal inovasi pertanian yang digarap sehingga dapat menghantarkan Kabupaten Muara Enim mendapatkan penghargaan tersebut.

"Kami mengajukan dua ilustrasi inovasi pertanian dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Tribun Sumsel ini. Pertama beternak ayam arab kemudian beternak sapi dengan mengelola urine sapi menjadi pupuk cair untuk tanaman sayur-sayuran di area gerakan SMP dan Alhamdulillah pupuk cair mendapatkan apresiasi dari  Tribun Sumsel dengan piala dan piagam penghargaan tersebut,” ujarnya.

“Harapan kami kedepannya pupuk cair ini dapat digunakan atau menjadi salah satu faktor pendukung dalam suksesnya program SMP ini yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.