Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim-Pemkab Muara Enim Tanam Jagung di Tanjung Karangan

Muara Enim - Kodim 0404/Muara Enim bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Enim dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan mendukung Muara Enim sebagai kawasan lumbung pangan (food estate) di Provinsi Sumatera Selatan.

Dengan dukungan Kodim 0404/Muara Enim, Dinas TPHP akan melakukan pengalihan lahan pertanian di Desa Tanjung Karangan, Kecamatan Tanjung Agung, untuk ditanami jagung melalui program serbuan teritorial.

Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Rimba Anwar, dalam sambutannya, Kamis (14/7), mengatakan, penanaman jagung ini merupakan wujud nyata TNI Angkatan Darat untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan di daerah-daerah dengan mendorong para petani menanam tanaman palawija seperti jagung, ubi, talas dan sebagainya.

“Dalam rangka membantu program ketahanan pangan Kodim 0404 akan memberikan lahan seluas 52 hektar yang tersebar di 22 kecamatan Muara Enim, yang mana rencannya akan ditanami dengan tanaman palawija,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyambut baik kegiatan ini, dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kodim 0404/Muara Enim atas sinerginya bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Lebih lanjut dirinya berpesan untuk memaknai kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, khususnya Korem 044 Garuda Dempo melalui Kodim 0404/Muara Enim.

"Mari wujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di Kabupaten Muara Enim, seiring dengan program gubernur Sumatera Selatan yang mencanangkan “Sumsel Mandiri Pangan”, khususnya pengembangan komoditas jagung seluas 200.000 hektar di Sumsel dan Muara Enim sebagai kawasan food estate lumbung pangan,” ujarnya.

"Semoga kedepan melalui kegiatan ini akan menginisiasi semakin banyak pengembangan lahan yang serupa, terutama di lahan-lahan tidur yang belum produktif untuk dialih fungsikan menjadi lahan palawija," sambung Kurniawan.

Di akhir sambutanya, Kurniawan mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai petani untuk menggalakkan kembali pengalihan lahan yang belum produktif untuk dijadikan media tanam palawija guna mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Muara Enim.

Turut Hadir, para kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muara Enim, Camat Tanjung Agung, Camat Lawang Kidul serta kades Tanjung Karangan.