Gubernur Kalbar Hadiri Upacara HUT ke-15 Kubu Raya

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-15 tahun 2022, di halaman Kantor Bupati, Minggu (17/7).

Pelaksanaan upacara HUT Kabupaten Kubu Raya tahun ini sangat meriah, yang mana seluruh peserta upacara yang didominasi ASN di lingkungan Pemkab Kubu Raya, tokoh pemekaran, tokoh agama dan tokoh masyarakat, semuanya menggunakan pakaian adat dan suku di daerah setempat.

Dalam upacara bendera ini, dibacakan juga sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Kubu Raya hasil pemekaran dari Kabupaten Pontianak (sekarang Kabupaten Mempawah) pada 17 Juli 2007 melalui Lembaran Negara dan berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Kubu Raya di Kalimantan Barat.

Bertindak selaku inspektut upacara, Gubernur Kalbar Sutarmidji yang dihadiri Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Wakil Bupati Sujiwo, Sekretaris Daerah Yusran Anizam, sejumlah bupati dan wali kota di Kalimantan Barat dan seluruh kepala OPD dan forkopimda.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, dengan filosofi 'Salam Menanjak' dan dengan tagline Dari Kubu Raya Untuk Indonesia bisa lebih baik dari kabupaten/kota di Kalbar maupun di Indonesia.

"Saya yakin hal ini bisa dilakukan Kubu Raya, karena semua potensi untuk maju untuk bersaing dengan daerah lain ada di Kubu Raya", kata Gubernur Sutarmidji.

Gubernur berharap, angka kemiskinan bisa terus ditekan, karena angka kemiskinan di Kubu Raya sangat kecil jika dibandingkan dengan kabupaten/kota di Kalbar dan di Indonesia.

"Angka pengangguran juga tidak begitu besar, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Kalbar dengan 68,16. Hanya perlu ditingkatkan", harapnya.

Gubernur juga meminta agar kedepannya Kubu Raya bisa lebih baik dan maju serta mampu berkontribusi lebih bagi Provinsi Kalbar maupun di luar Kalbar terkait kebutuhan tertentu.

"Terutama kebutuhan pangan atau beras. Meski demikian saya juga sangat mengapresiasi kontribusi Kabupaten Kubu Raya terhadap Pemerintah Provinsi Kalbar di beberapa sektor," imbuhnya.

Gubernur juga berharap dengan raihan prestasi yang diraih Kubu Raya saat ini bisa terus ditingkatkan dan lebih baik lagi.

"Saya berharap Kubu Raya bisa lebih berkontribusi untuk penilaian kepatuhan agar Kalbar bisa terus bangkit, Kubu Raya bisa terus 'Menanjak' untuk provinsi  dan Indonesia," pungkasnya.

Dalam upacara bendera HUT Kubu Raya ke-15 ini juga di-launching Tari Pesan Mendunia dan penyerahan penghargaan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI dengan kepatuhan tertinggi 98,14, Akuntabilitas Kinerja Tahun 2021 dari MenPAN RB dengan predikat B, Penyelenggaraan Pelayanan Publik kategori Sangat Baik, penghargaan Pembinaan dan Pengawasan di Bidang Pengelolaan Aset Desa dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Hasil Investaris dengan peringkat 4 nasional.