HUT ke-15, Pemkab Kubu Raya Fokus Perkuat Keberagaman

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengatakan, pemerintah daerah (pemda) setempat terus berupaya memberikan nilai-nilai baru dan memperkuat keberagaman antarumat, etnis, dan budaya, pada momentum peringatan HUT ke-15 Kubu Raya, Minggu (17/7).

“Dengan memperkuat keberagaman ini, akan menjadi perekat sehingga semuanya bisa fokus dalam memperkuat Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi, dan yang pasti upaya-upaya mengurangi kemiskinan dan pengangguran biar lebih produktif dengan bernapas inovasi,” kata Muda.

Muda menuturkan, dengan mengusung tema “Dengan Semangat Kepong Bakol, Kubu Raya semakin Inovatif dan Produktif Demi Mengejar Kebahagiaan Rakyat”, hal ini menjadi semangat bagi masyarakat agar lebih bergotong-royong sehingga semuanya bisa terlibat dan berpartisipasi.

“Maka siapa pun dan dari mana pun, masyarakat Kubu Raya membangun nilai perekatan supaya bisa mengejar pelayanan, peluang, saling memberi ketenangan satu sama lain, memperkuat kelayakan, saling mengawal agar semuanya dapat memberikan dampak baik bagi diri sendiri maupun generasi yang menjadi tanggung jawab kita bersama,” lanjutnya.

Ia juga menegaskan kepada seluruh aparatur yang bertugas agar membiasakan inisiasi terhadap tanggung jawab yang diemban masing-masing.

“Bukan sekadar tugas yang bersifat diperintah baru jalan. Tapi tanggung jawab dan inisiatif serta kesadaran yang datang dari semua birokrasi sampai ke tingkat desa,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Muda turut menyebutkan sejumlah capaian yang telah diraih Kubu Raya, seperti terobosan di sektor pelayanan terpadu, kesehatan, pendidikan, pemerintahan desa, pertanian perkebunan, serta pelayanan-pelayanan langsung, sehingga Kubu Raya kerap menjadi daerah percontohan.

Selain itu, Muda mengingatkan, tantangan terbesar yang dihadapi Kubu Raya yaitu mengupayakan kecukupan pangan, gizi, pendidikan, kesehatan, rumah tangga yang tenang, peribadatan yang baik, kehidupan sosial yang baik bagi masyarakat di semua lapisan usia.