Bupati Jayapura Undang Dubes Jepang Hadiri Kongres AMAN VI

Sentani – Bupati Jayapura Mathius Awoituw mengundang Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji untuk menghadiri Kongres Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) VI.

"Kabupaten Jayapura pada Oktober mendatang bertindak sebagai tuan rumah Kongres AMAN VI. Kami mengundang bapak dubes dan rombongan berkenan hadir, ini baru secara lisan meski undangan tertulisnya akan menyusul," ucap Mathius dalam pertemuannya dengan Kanasugi di Jayapura, Senin (18/7).

Ia menjelaskan, Kongres MAN VI yang diselenggarakan oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) ini merupakan hajatan bagi masyarakat adat dari berbagai daerah di Indonesia yang dalam perayaannya akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura.

"Hampir 10 ribu orang masyarakat adat nanti datang ke sini (Kabupaten Jayapura) pada pelaksanaan kongres masyarakat adat nusantara VI, kami masyarakat adat Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah sangat antusias menyambut dan menyukseskan kegiatan masyarakat adat ini," ujar Mathius.

Dalam kongres tahun ini, jelasnya, hal yang paling menarik yaitu peserta yang datang akan tinggal di rumah masyarakat adat Kabupaten Jayapura dan melebur bersama, sehingga terciptanya keakraban dan rasa nasionalisme yang tinggi.

Selain perhelatan kongres, ujar bupati, akan diselenggarakan juga Festival Danau Sentani serta Hari Kebangkitan Masyarakat Adat. Maka dari itu, Mathius berharap agar wisatawan Jepang dapat hadir, karena dalam kesempatan ini, keaslian budaya bangsa akan benar-benar disajikan.

"Pada saat yang sama juga ada event pariwisata FDS, sehingga kami undang wisatawan Jepang datang juga, karena moment ini juga bisa menjadi kesempatan berwisata di Kabupaten Jayapura," pungkasnya.