MTQ ke-29 Sulteng di Banggai Masuki Hari Ketiga

Luwuk - Memasuki hari ketiga atau Selasa (26/7), kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tahun 2022 yang diselenggarakan di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, berjalan lancar dan tertib.

Sebanyak sembilan venue tempat pelaksanaan MTQ, yang dimulai pada pagi hari pukul 08.00 Wita sampai dengan selesai. Venue pelaksanaan terdiri dari, arena utama, Masjid Daru'dawah Kilo 5, Masjid Pancasila, Masjid Baitul Azis Karaton, Masjid Simpong, Masjid Al-huda Ma'ahas, MTS Negeri 1 Luwuk, Masjid Agung, Masjid Mutahida Luwuk.

Sementara itu, bidang lomba yang diikuti di hari ketiga antar lain, Tartil, Qiraat Murottal Remaja, Tilawah, hafalan (Hafidz/Hafidzah), Qiraat Mujawad, Fahm Al Wuran, Syarh Al Quran dan bahasa Indonesia.

Menurut salah satu ofisial Musabaqah Tilawatil Quran kepada Tim Media DKISP Banggai menjelaskan, Masjid Al-huda Ma'ahas menggelar lomba Hafidz/Hafidzah, dan Alhamdulilah berjalan dengan lancar. Dapat dilihat persiapan peserta masing-masing putra dan putri dan dewan hakim telah menilai dari hafalan mereka, mulai dari 5 sampai 10 juz.

"Kriteria peniliaian dari lomba ini, yakni hapalan, mulai dari tajwid tanda baca dan ketepatan dalam melantunkan ayat suci alquran," terangnya.

Pada malam hari nantinya, jelasnya, akan ditentukan penentuan maqra untuk hari keempat, dan di arena utama yang berlokasi di pelataran kawasan Kantor Bupati Banggai akan digelar secara live streaming oleh tim DKISP Banggai.