Pemkot Banjarbaru Targetkan Penyebaran Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran

Banjarbaru - Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menggelar sosialisasi mengenai Peraturan Wali Kota dan Evaluasi Kartu Kendali Elpiji 3 kg sebagai upaya penyebaran gas bersubsidi yang merata di Aula Gawi Sabarataan, pada Rabu (27/7).

Pertemuan ini membicarakan penggunaan dan perkembangan Kartu Kendali Elpiji 3 kg di Kota Banjarbaru. Berdasarkan data dan informasi yang telah diterima masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan kartu kendali sehingga menyebabkan kesenjangan sosial.

Wali Kota Banjarbaru yang diwakili oleh Asisten II Pemkot Banjarbaru, memberikan evaluasi berkenaan dengan penggunaan Kartu Kendali tersebut.

“Sejak dimulainya penggunaan kartu kendali ini kelangkaan gas dan ketidak stabilan harga mulai teratasi, namun berdasarkan hasil evaluasi masih banyak masyarakat yang tidak memiliki kartu, ulun harap bisa menyediakan persediaan gas yang merata sehingga tidak terjadi kelangkaan karena sudah dikirim sesuai zonasi,” katanya.

Diharapkan program ini memberi hal positif bagi masyarakat karena kartu kendali gas elpiji 3 kg merupakan upaya kita merealisasikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat Kota Banjarbaru.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Abdul Basit memberikan beberapa informasi terkait perkembangan kartu kendali ini.

“Kami coba untuk memprogramkan pembuatan kartu kendali ini sejak 2021, perlindungan konsumen, selama setahun berjalan sudah mulai ada progress baik,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Manager PT. Pertamina, Kepala SKPD Kota Banjarbaru, Forkopimda, Koramil Kota Banjarbaru dan Liang Anggang, Kepala Satpol PP Kota Banjarbaru, Camat serta Lurah se-Kota Banjarbaru, Ketua LPM dan Ketua Forum RT/RW Kota Banjarbaru, Kelurahan Loktabat Utara, Babinsa, agen se-Kota Banjarbaru dan semua pangkalan Kelurahan Loktabat Utara.

Terdapat beberapa kesulitan seperti pembagian dalam mengatur zonasi agar terjadi pemerataan di tiap Kelurahan Kota Banjarbaru. Maka dari itu diharapkan seluruh pihak dapat terus mendukung dan bekerja sama dalam melancarkan program kartu kendali gas elpiji 3 kg.