TIFF Kembali Digelar, Pemkot Tomohon Siap Angkat Potensi Pariwisata dan UMKM

Jakarta - Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, menyambut antusias digelarnya kembali Festival Bunga Tomohon atau Tomohon International Flower Festival (TIFF) pada 8-14 Agustus 2022, setelah sebelumnya dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19.

"Selain menonjolkan bunga sebagai ciri khas Kota Tomohon, TIFF 2022 juga akan mengangkat potensi   pariwisata, kuliner dan UMKM lokal," ujar Ketua Panitia TIFF Vonny Josefien Pangemanan, saat ditemui di sela konferensi pers penyelenggaraan festival tersebut di Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (1/8) siang.

Vonny mengaku bersyukur dengan dukungan luar biasa pemerintah terhadap penyelenggaraan TIFF 2022 yang merupakan agenda pariwisata nasional.

"Nantinya dijadwalkan hadir tentunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta dari Kementerian Luar Negeri karena nantinya akan ada peserta-peserta dari mancanegara, Kementerian Pertanian karena berkaitan dengan petani-petani bunga ini, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait bagaimana nantinya pengelolaan sampah setelah event dan BUMB," ujarnya.

Vonny menambahkan, sepekan menjelang TIFF 2022, Pemkot Tomohon terus menggenjot promosi ajang tahunan ini.

"Kami terus menggencarkan promosi, khususnya melalui media cetak, online, dan tentunya media sosial," ujarnya.

Vonny menegaskan, TIFF ini bukan sekadar euforia semata, namun diharapkan dapat menghadirkan multiplier effect bagi masyarakat Kota Tomohon, UMKM, pelaku usaha, bukan hanya bagi petani bunga yang meraih manfaat.

"Serta tentunya TIFF 2022 ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi Tomohon. Karena ekonomi yang bagus, otomatis kesejahteraan masyarakat akan meningkat," ujar Vonny yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tomohon Novi Politon.

Di akhir, dirinya mengajak masyarakat untuk menghadiri Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022.

"Mari semuanya, masyarakat di dalam negeri dan internasional untuk datang ke Kota Tomohon menghadiri festival bunga ini," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Wali Kota Tomohon Caroll J.A Senduk.