Tekan Polusi, Pemkab Muara Enim Gelar Uji Emisi Kendaraan

Muara Enim - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Riswandar didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kurmin mimimpin pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor di halaman Kantor Pemkab Muara Enim, Senin (8/8).

Pj Sekda menuturkan, uji emisi kendaraan milik dinas Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan pribadi ini penting dilakukan mengingat polusi udara sudah menjadi masalah kota-kota besar, dimana polusi dari transportasi memberikan kontribusi sebesar 70 persen dalam pencemaran.

"Maka dari itu, diperlukan upaya - upaya untuk mengurangi pemanasan global melalui memperketat standar emisi gas buang, kebijakan fiskal melalui pajak kendaraan, peningkatan kelancaran lalu lintas, dan peningkatan kualitas bahan bakar," ujarnya.

"Saya mengajak semua untuk memanfaatkan kesempatan ini agar melakukan pengujian emisi kendaraan dinas atau kedaraan pribadi yang berbahan bakan bensin dan solar. Dan jika melebihi ambang batas, diimbau untuk melakukan perawatan rutin," ujarnya

Dirinya juga bermanat kepada rekan-rekan OPD lingkup Pemkab. Muara Enim untuk menjaga kondisi kendaraan operasional masing-masing

"Karena pada dasarnya kendaraan itu adalah nyawa kita dalam melakukan perjalanan sewaktu tugas, apabila kendaraan kita sehat mudah-mudahan kita juga sehat," pungkasnya.