Bupati Sigi Ikuti Rakor Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan secara resmi membuka Pertemuan Koordinasi Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tahap penumbuhan dan pengembangan Kabupaten Sigi Tahun 2020, Kamis (2/7).

"Program ini harus berjalan dengan baik sesuai proses pengembangan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Masyarakat harus memanfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman, meskipun pementaan pekarangan sangat sederhana akan tetapi hasil yang didapatkan sangat bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat sekitar," katanya.

Bupati berharap agar semua kegitan dapat terstruktur dan dapat dilaksanakan sesuai konsep.

Sementara itu Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi Rahmad Iqbal Nurcholis mengungkapkan pada masa pandemi dampak yang dirasakan bukannya hanya pada sektor kesehatan, tetapi sektor pangan juga mengalami kendala oleh karena itu.

"Kita melakukan beberapa kegiatan untuk menumbuhkan ekonomi pada masa pandemi COVID-19 diantaranya mengembangkan pertanian keluarga, pertanian masuk sekolah, program huntara (huntara berbasis pemanfaatan pekarangan) dan juga inovasi pemerintah melalui desa yaitu pemanfaatan pekarangan desa," katanya.

Adapun pertemuan ini menghadirkan sembilan kelompok wanita tani yang tersebar di setiap Kecamatan di wilayah Kabupaten Sigi.

Turut hadir pula Wakil Bupati Sigi Paulina, yang dalam penyampaiannya mengatakan harapannya agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik agar untuk meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.