Bupati Banjar Buka Bazar UMKM dan D’Laris MANIS

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur didampingi Ketua Dekranasda Nurgita Tiyas, membuka Bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Grand Opening D’Laris Manis, di halaman gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banjar, Rabu (10/8) sore.

Kegiatan yang digelar selama empat hari tersebut dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, Forkopimda, Sekda M. Hilman, Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Banjar, unsur Perbankan serta para sponsorship.

Usai dibuka, Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar menampilkan sembilan produk unggulannya, diantaranya produk tarbang, sasirangan dan air guci.

Ketua Dekranasda Banjar Nurgita Tiyas mengatakan, Bazar UMKM tersebut melibatkan 20 Kecamatan se-Kabupaten Banjar meliputi Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN), Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo), Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) dan kelompok inklusif usaha mikro, stand Indomaret, Pelayanan Rumah Kreatif BUMN (RKB) dan Dinas Kesehatan.

“Pada tahun ini kami menyasar produk para UMKM masuk di ritel-ritel modern agar produk masyarakatnya mampu berdaya saing,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Banjar I Gusti Made Suryawati menambahkan, ada beberapa produk UMKM yang masuk pada ritel modern, seperti kopi Aranio, Pengaron dan Beras Merah.

Guslan, salah satu peserta di kegiatan tersebut mengaku menjual berbagai produk unggulan khas Kecamatan Martapura Timur seperti asinan kedondong, kue khas Tambak Anyar dan uyah wadi.

Menurutnya, Bazar UMKM ini sangat positif dan merupakan sebuah ajang promosi bagi UMKM kecamatan yang dipimpinnya.

Di kesempatan yang sama, bupati Banjar juga melakukan Grand Opening D’Laris Manis Dekranasda Banjar yang juga menjual berbagai produk UMKM, seperti kopi, hasil pangan, pertanian dan perikanan serta produk-produk turunan dan olahan lainnya.