Bupati Apresiasi Cendekiawan Kampung Dorong Kemajuan Pendidikan

Pandeglang - Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi langkah yang dilakukan Cendekiawan Kampung dalam meningkatkan mutu pendidikan.

"Tidak menutup kemungkinan pihak Pemkab Pandeglang melakukan kerjasama untuk pemberian beasiswa dalam rangka peningkatan bidang pendidikan," katanya Irna di Pandeglang, Kamis (2/7).

Menurut Irna, Pemkab Pandeglang masih ada disparitas dengan Banten utara, untuk itu pihaknya berharap ke depan akan ada beasiswa misalnya bagi para dokter atau bidang lainnya.

Sementara itu, Penggagas Gerakan Cendekiawan Kampung Atih Ardiansyah mengungkapkan, terbentuknya CK ini pada Maret 2020 berawal dari Taman Baca Masyarakat (TBM) Indung di Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari.

"Sekitar Maret 2019, kami mendengar kabar bahwa pembaca di TBM Indung putus kuliah. Penyebabnya klasik, ekonomi padahal anak ini dapat beasiswa," ungkapnya.

Dikatakan Atih, dirinya mencari dukungan dari semua pihak agar bisa memberikan dorongan bagi para siswa yang ingin melanjutkan kuliah.

"Walaupun kami tidak berhasil membujuk pembaca di TBM untuk lanjut kuliah, namun kami berhasil menghimpun kepedulian banyak pihak, akhirnya 18 Maret 2020 kami tetapkan sebagai tanggal berdiri CK," terangnya.

Atih menyampaikan saat ini yang akan menjadi genius kampung (penerima beasiswa) sebanyak 27 anak.

"1 dari Kabupaten Serang, 1 dari Kabupaten Buru Prov Maluku, 25 dari Kabupaten Pandeglang. Seluruh siswa ini akan mendapat fasilitas beasiswa kuliah dari mitra Cendekiawan Kampung (donasi)," jelasnya.