Sambangi Diskominfo Kabupaten Bogor, DPRD Palembang Diskusi Soal Smart City

Cibinong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang menyambangi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor dalam rangka bertukar informasi soal pengelolaan kota pintar atau smart city,

Anggota Komisi I DPRD Kota Palembang diterima Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP), Iwan Setiawan, di Ruang Rapat Diskominfo, Cibinong, Kamis (11/8).

Perwakilan Komisi I DPRD Kota Palembang, Najli menjelaskan, kedatangan kami ke Diskominfo Kabupaten Bogor karena kita perlu bertukar-tukar informasi, sebab Kominfo adalah gudangnya informasi. Pertama, kami ingin tahu bagaimana mengelola smart city di Kabupaten Bogor. Kedua, mengenai retribusi yang yang bisa dikelola oleh Diskominfo, rencana kami akan dimasukkan ke dalam pembahasan Komisi I.

“Kemudian, informasi lainnya kaitan dengan bidang Kominfo, sehingga ada materi informasi pada proses pembahasan di DPRD, dimana Diskominfo Kota Palembang adalah mitra kami. Soal Smart City, kita ingin ada teknologi terbaru yang bisa kita terapkan di Kota Palembang,” terang Najli.

Selanjutnya, Kepala Bidang PIKP Diskominfo Kabupaten Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan terima kasih kepada DPRD Palembang karena telah mengunjungi dinas setempat. Semoga apa yang didiskusikan hari ini bisa bermanfaat bagi kami dan khususnya bagi Kota Palembang.

"Soal smart city, di kami tidak hanya berpatokan kepada yang sifatnya teknologi informasi atau IT. Karena prinsip dari smart city ini adalah sebuah konsep bagaimana pembangunan ke masyarakat, kehidupan sosial termasuk seluruh aspeknya, kita bisa terus melaksanakan inovasi yang berkelanjutan, terlepas apakah itu menggunakan IT atau tidak. Sering kali IT itu kalau hanya sekadar dibuat saja, tapi tanpa mempersiapkan ekosistemnya, ini hanya akan gugur di tengah jalan,” tandas Iwan.