Wabup Kubu Raya Buka Bazar Hari UMKM Nasional 2022

Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo membuka Bazar Barang Kebutuhan Bahan Pokok dan Kuliner dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional Tahun 2022 di halaman Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kubu Raya pada Jumat (12/8).

Kepala DKUMPP Kabupaten Kubu Raya Norasari Arani mengatakan, sedikitnya sebanyak 21.563 UMKM telah terdaftar di data geospasial sehingga Pemerintah Kabupaten Kubu Raya semakin mudah membuat kebijakan-kebijakan atau program kegiatan yang dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat Kubu Raya.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan selaku pembina UMKM berharap para pelaku UMKM dapat bekerjasama dengan Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian lewat pelatihan peningkatan kapasitas UMKM, Melengkapi legalitas produk dan lainnya.

Di tahun 2023, DKUMPP akan melakukan uji coba kerjasama dengan aplikasi online lokal yakni Growseri dengan harapan produk UMKM dapat dikenal dan dipasarkan secara luas.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengapresiasi inovasi yang terus dilakukan untuk Kubu Raya. Ia mengatakan produk UMKM di Kubu Raya tak kalah dengan produk UMKM dari daerah lainnya, sehingga semua pihak yang terlibat harus terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk yang akan dijual.

Acara dilanjutkan dengan pembagian sertifikasi halal gratis bagi 17 UMKM di Kubu Raya. Sertifikasi halal tersebut bertujuan agar pelaku UMKM ebih mampu meningkatkan daya saing karna legalitasnya semakin lengkap.

Di akhir kegiatan, Wakil Bupati Kubu Raya bersama Ketua GOW Kabupaten Kubu Raya dan ketua Dharma Wanita Kabupaten Kubu Raya berkeliling melihat produk UMKM yang dijualbelikan tersebut.