Cicipi Kopi Semendo Muara Enim, Menkop Teten Tersenyum Sambil Geleng-geleng

Bandung - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meninjau stand pameran Sumsel Expo 2022 di Atrium Cihampelas Walk (Ciwalk) Kota Bandung, Jumat (12/8).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya tidak lupa mampir ke stand pameran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim.

Sesampainya di stand Pemkab Muara Enim, dirinya langsung disuguhi kopi khas Kabupaten Muara Enim (kopi Semendo) yang membuatnya sontak tersenyum sambil geleng-geleng kepala.

"Seperti yang saya cicip tadi (Kopi Semendo), itu sangat enak dan punya cita rasa tersendiri. Ini kopi lokal yang sangat potensial untuk dikembangkan dan dipasarkan di platform digital bahkan hingga ke global," ungkap Menkop Teten.

"Kami minta sampelnya dari varian-varian kopi Muara Enim ini sebagai bahan yang dapat dikenalkan lagi ke khalayak luar bahwa produk-produk UMKM di Indonesia memiliki daya saing dengan khas tersendiri," kata Teten.

Tak ketinggalan, dua gubernur yang mendampingi Menkop UKM RI juga mencicipi kopi khas Muara Enim tersebut.

"Kopi Semendo ini rasanya bukan main, enak dan punya khas tersendiri apalagi saat sampai ditenggorokan, rasanya beda, hebat Muara Enim," ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ungkapan Ridwan Kamil pun langsung dibenarkan oleh Gubernur  Sumsel Herman Deru. Ia mengatakan, kopi Semendo ini merupakan salah satu kopi khas yang berasal dari salah satu dataran tinggi di Provinsi Sumatera Selatan (Semendo Raya) dengan tiga varian, yaitu robusta, arabica, dan liberika, yang mana masing-masing dari varian tersebut memiliki khas tersendiri yang membuat para pecinta kopi langsung jatuh cinta dengan kopi Semendo ini.