Menkop Ajak Pemkab Muara Enim Dorong UMKM Tranformasi Digital

Bandung - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah  (Menkop UKM) Teten Masduki mengajak Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menuju transformasi digital, mengingat saat ini sudah menjadi keharusan dalam mempromosikan ataupun menjual semua produknya melalui online.

Hal itu dikatakan Teten di sela tinjauannya ke stand Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dalam event Sumsel Expo 2022 di Atrium Cihampelas Walk (Ciwalk) Kota Bandung, Jumat (12/8).

"Karena, saat ini transformasi digital menjadi instrumen penting bagi kita untuk mengakselerasi tujuan pembangunan, tanpa terkecuali bagi pelaku UMKM. Jika ingin memenangkan persaingan pasar global saat ini tentu pelaku UMKM kita harus cakap digital dan untuk itu tentu dukungan atau fasilitas (pelatihan) harus menjadi tangung jawab pemerintah dalam hal ini Pemkab. Muara Enim," jelas Teten.

Karena menurutnya, segala potensi lokal yang ditampilkan oleh Pemkab Muara Enim dalam pameran yang digelar bersamaan dengan peringatan Hari Nasional UMKM tahun ini sangat baik dan bisa bersaing, apalagi jika pelaku UMKM bisa atau sukses dalam bertansformasi digital.

"Seperti yang saya cicipi (kopi Semendo) dan saya sentuh (kain batik tulis Khaman) tadi, sampel dari kedua potensi lokal tersebut sangat potensial untuk dikembangkan dan dipasarkan di platform digital bahkan platform global," ungkap Menkop UKM RI.

Menanggapi hal tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaludin yang hadir mewakili Bupati Muara Enim mendukung arahan Menkop Teten.

"Kami (Pemkab Muara Enim) siap mendorong pelaku UMKM di Muara Enim menuju transformasi digital sesuai yang dikatakan Menkop UKM, baik dengan memberikan fasilitasi ataupun pendampingan, hingga pelatihan peningkatan SDM semua pelaku UMKM," ucap Amrullah.

Lebih lanjut, Amrullah yang didampingi Kadinkop UKM Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi, serta Camat Rambang Niru Fredy Febriansyah berharap juga dukungan dari semua pihak terutama dari pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kapasitas SDM dan produknya.

"Dengan begitu UMKM kita dapat memenangkan persaingan usaha sampai dunia internasional," pungkasnya.