Dinkes Polman Komitmen Percepat Capaian Program BIAN

Polewali Mandar - Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar menggelar pertemuan koordinasi percepatan capaian program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Ruang Pola, Jumat (12/8).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Polman Sukirman Saleh menjelaskan, imunisasi merupakan hak setiap anak dan pemerintah wajib untuk memberikannya secara lengkap kepada setiap anak dan bayi.

“Di UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, mengamanahkan imunisasi merupakan hak setiap anak dan pemerintah wajib untuk memberikan imunisasi lengkap pada setiap anak dan bayi. Untuk itu, upaya kita bersama untuk terus melengkapi status imunisasi anak, sehingga perlindungan terhadap penyakit melalui imunisasi ini tidak hanya untuk perorangan, tetapi juga memberikan perlindungan dan kelompok serta masyarakat. Perlu diingat bahwa imunisasi akan memutus rantai penularan penyakit dalam masyarakat, ketika proporsi penduduk yang terimunisasi cukup tinggi atau di atas 95%,” jelasnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar M. Suaib Nawawi mengatakan, pertemuan ini dilaksanakan karena capaian program tersebut masih sangat rendah, dimana sebelumnya program imunisasi bagi anak telah dilaksanakan pada Mei lalu.

“Hari ini kita melakukan pertemuan, sebenarnya kegiatan BIAN ini sudah kita laksanakan sejak Mei lalu, tapi mempertimbangkan capaian yang sangat rendah selama kurang lebih empat bulan terakhir ini, jadi kita lakukan rapat koordinasi, Tujuannya adalah bagaimana  mempercepat capaian sesuai dengan targetnya, dan kita sudah hasilkan beberapa rekomendasi, termasuk di dalamnnya Insya Allah Bupati akan keluarkan instruksi ke sekolah-sekolah untuk mempercepat imunisasi di sekolah-sekolah dan di posyandu. Pelaksanaan program imunisasi di sekolah-sekolah, Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan dua institusi pemerintahan dalam hal ini Dinas Pedidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama serta organisasi profesi, khususnya di sektor kesehatan serta dukungan TNI/POLRI, dan BIN Kabupaten Polewali Mandar, serta sektor terkait,” tandasnya.