Ulang Janji Pramuka, Wali Kota Madiun Minta Pramuka Amalkan Dasa Dharma

Madiun – Upacara Renungan Ulang Janji peringatan HUT ke-61 Gerakan Pramuka berlangsung khidmat di Kota Madiun, Sabtu (13/8) malam.

Upacara sejatinya digelar di Ngrowo Bening Edupark, namun gerpaksa dipindahkan ke Gedung Adiwiyata Dinas Pendidikan Kota Madiun lantaran hujan. Kendati begitu, upacara ulang janji tersebut tetap berlangsung khidmat. Wali Kota Madiun Maidi selaku Kamabicab memimpin jalannya upacara renungan tersebut.

Maidi berharap peringatan HUT bukan sekedar seremonial rutinitas belaka. Namun, wajib menjadi momentum pengembangan diri agar lebih baik ke depannya. Apalagi, Pramuka sudah dibekali dengan banyak pembelajaran karakter. Salah satunya tertuang dalam Dasa Dharma.

‘’Siapa yang mengamalkan Dasa Dharma hidupnya akan sukses. Semua karakter baik yang dibutuhkan manusia ada di dalamnya,’’ kata Maidi.

Bahkan, Maidi menginstruksikan untuk menempel Dasa Dharma tersebut dalam dinding kamar. Harapannya, setiap terlihat. Pramuka wajib merenungkan apa yang belum dilaksanakan dalam poin Dasa Dharma tersebut. Dengan begitu, Dasa Dharma bisa tertanam dan menjadi pedoman hidup.

Maidi juga menyempatkan meninjau kegiatan perkemahan di Ngrowo Bening usai ulang janji tersebut. Wali kota berpesan untuk selalu mengamalkan apa yang sudah menjadi pembelajaran dalam Pramuka, salah satunya, cinta kebersihan.

Wali Kota Maidi mengajak Pramuka untuk cinta kebersihan dimana saja. Bahkan, bila perlu membawa kantong plastik untuk memunguti sampah yang ditemui.

‘’Ada sampah dipungut, ada batu dijalan disingkirkan. Pramuka harus menjadi contoh,’’ ungkapnya.

Wali kota juga mengajak Pramuka untuk selalu mengembangkan diri. Salah satunya, terkait wawasan entrepreneur bagi setiap anggota Pramuka. Hal itu penting agar Pramuka tidak hanya baik dalam budi pekerti tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan pribadi secara mandiri.

‘’Pramuka itu loyal juga terbukti berbudi pekerti yang baik. Tetapi itu juga harus ditingkatkan. Paling tidak Pramuka mampu memenuhi kebutuhan pribadinya. Salah satunya, kita berikan dorongan, motivasi, sekaligus kesempatan untuk menjadi Pramuka entrepreneur,’’ pungkasnya.