Hari Pramuka ke-61, Sekdakot Pimpin Apel Besar Tingkat Kwarcab Kota Dumai

Dumai - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Dumai menggelar Apel Besar Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022, Minggu (14/8).

Wali Kota Dumai Paisal, dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Indra Gunawan, memimpin Apel Besar yang pada tahun ini mengusung tema "Mengabdi Tanpa Batas, Membangun Ketangguhan Bangsa".

Sebelum membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, pembina upacara didampingi unsur Forkopimda Kota Dumai, dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Dumai menyerahkan Anugerah Pancawarsa dan Pramuka Garuda kepada para penerima anugerah.

Dalam sambutan pembina upacara, Sekdakot Dumai Indra Gunawan mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-61 kepada segenap peserta apel dan hadirin tamu undangan.

"Hari ini, Organisasi Pendidikan Kepanduan Praja Muda genap berusia 61. Tahun ini juga kita memperingati 110 tahun keberadaan Gerakan Kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912," ucapnya.

Untuk itu, Indra Gunawan mengajak seluruh peserta apel dan para hadirin untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah dapat berkembang bersama Gerakan Pramuka.

Adapun tema yang diangkat pada tahun ini menunjukkan tekad Pramuka untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

"Pengabdian yang merupakan bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka ini sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya," tuturnya.

Terakhir, SekdakotbDumai juga mengucapkan terima kasih atas peran serta Gerakan Pramuka khususnya di Kota Dumai yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi COVID-19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia.

Usai Apel Besar, Sekdakor Dumai bersama unsur Forkopimda Dumai, kepala OPD Lingkup Pemko Dumai yang berkesempatan hadir, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Dumai meluncurkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dalam rangka menyemarakkan Dirgahayu Indonesia.

Tidak hanya itu, Apel besar ini diwarnai dengan berbagai penampilan dari Satuan Karya Pramuka, diantaranya Atraksi Keterampilan Satuan Karya Pramuka Bahari Lanal Dumai, Pembacaan Puisi Saka Bhayangkara, dan Atraksi Keterampilan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara.

Turut hadir anggota Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Dumai, pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Dumai, para Andalan Cabang, Andalan Ranting, para Pembina Gugus Depan, hadirin tamu undangan serta Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.