Jalur Penerbangan Boven Digoel Kembali Dibuka

Boven Digoel - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Wakil Bupati Boven Digoel Chaerul Anwar memimpin apel gabungan kesiapan pembukaan jalur penerbangan relaksasi udara Trigana Air rute Jayapura-Tanah Merah-Merauke di Bandara Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel.

"Khususnya bandara Tanah Merah akan memulai beroperasi kembali pelayanan penerbangan untuk melayani penumpang," katanya, beberapa waktu lalu.

Menurut Anwar, selama tiga bulan Tim Gugus Tugas dan semua aparat bekerja sama mencegah penyebaran COVID-19 dan pada akhir Juni kemarin dapat kabar baik bahwa Boven Digoel sudah nol kasus berarti sekarang sudah tidak ada kasus yang positif.

"Sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Boven Digoel saya ingin memberikan semangat, apresiasi dan arahan terkait relaksasi kontekstual Papua," ujarnya.

Lebih lanjut, saat ini Boven Digoel memulai lagi satu relaksasi kontektual Papua akan ada penerbangan perdana pesawat komersil Jayapura-Tanah Merah-Merauke pergi pulang (PP).

"Jadi relaksasi kontekstual Papua di bidang udara juga dilakukan relaksasi artinya ada kelonggaran membuka lagi kembali penerbangan-penerbangan," ujarnya.

Di bandara juga telah disediakan posko melayani penumpang umum dengan prioritas (pekerjaan yang disertai surat perintah tugas/rujukan pasien/kedukaan dan pendidikan).

Dengan melakukan test rapid bagi para penumpang yang hendak melakukan penerbangan dan dikakukan secara gratis, tidak dipungut biaya karena kategori yang akan berangkat masih dibatasi belum bersifat umum.

"Relaksasi ini akan di evaluasi kalau dalam pelaksanaan satu dua ke depan kami anggap perlu perbaikan dan perlu evaluasi pasti akan konfirmasi lagi," paparnya.

Anwar berharap sesuai dengan simulasi dan persiapan, penerbangan perdana Trigana air agar betul-betul patuh dan disiplin dengan protokoler kesehatan.

Selain itu juga untuk penerbangan perintis, masih berproses, karena ada satu dua kesiapan di distrik yang perlu dipersiapkan tapi pada prinsipnya operator sudah siap.