Tiga Tahun Vakum, Festival Durian Muara Enim Akan Kembali Digelar

Muara Enim - Setelah vakum hampir tiga tahun lebih akibat pandemi COVID-19, tahun ini Festival Durian yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan kembali digelar pada 28 Agustus 2022 di Plumeria Ecopark, Jalan Lingkar Kota, Rumah Tumbuh, Kelurahan Muara Enim.

Informasi tersebut merupakan hasil rapat antara Pemkab. Muara Enim dengan Pandawa Creation (event organizer) dan owner Plumeria Ecopark dr Doli Sitompul di Resto Plumeria Ecopark, Senin (22/8).

Mendengar paparan yang disampaikan pihak EO Fitri Pandawa tadi, Festival Durian yang direncanakan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru akan berlangsung sangat meriah, karena, selain akan dimanjakan dengan berbagai jenis dari ribuan durian asli muara enim yang berhamparan, penanaman pohon durian, lomba durian terbaik, terbesar, dan lomba olahan durian, juga akan dihibur oleh artis ibu kota asli Muara Enim, Melky "Bajaj", disamping pemandangan indah yang dipersembahkan Plumeria Ecopark.

Kemudian, saat memimpin rapat, Kadis Pariwisata dan Ekraf Kabupaten Muara Enim Isdrin selaku perwakilan dari bupati Muara Enim meminta kepada seluruh pihak terkait atas kegiatan ini untuk dapat bekerjasama, berkomunikasi dan bertanggung jawab sesuai tupoksi masing-masing dengan baik mengingat Festival Durian ini memang sudah ditunggu oleh masyarakat.

"Melihat ke belakang, Festival Durian yang berlangsung di objek wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung tahun 2019 lalu disambut dengan antusias oleh masyarakat baik dari Muara Enim ataupun luar Muara Enim yang tumpah ruah memadati tempat acara, untuk itulah, kali ini kita harus benar-benar siap dan bekerjasama guna kelancaran kegiatan ini," ujarnya.

Sementara itu, Doli Sitompul selaku owner Plumeria Ecopark sangat berterima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang telah menunjuk tempatnya menjadi pusat pelaksanaan Festival Durian tahun 2022 ini. Untuk itu, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mensukseskan kegiatan ini.

"Namun, kami tetap mengharapkan bantuan (kerjasama) dari semua pihak yang terkait dalam agenda besar ini, agar semua bisa berjalan dengan lancar sesuai yang kita harapkan," pinta Doli.

Hadir dalam rapat tersebut, diantaranya Kadis TPHP, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perkim, Kadis Kominfo, Kadis PUPR, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Perdagangan, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, dan Kabag Umum.